Honda

Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Jember, Berpusat di Tengah Laut

 Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Jember, Berpusat di Tengah Laut

Ilustrasi gempa --Palpres.com

Misalnya saja dengan menguji coba peledak berkekuatan tinggi seperti Bom Atom atau Hulu Ledak Hidrogen juga bisa memicu gempa bumi. 

Atau misalnya penambangan yang berlebih dan tidak terkontrol juga bisa merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya rentan terhadap pergeseran.

Setiap musibah akan menginggalkan trauma, apalagi musibah gempa di cianjur, para korban harus dibantu agar pulih kondisi Psikologisnya dari pengalaman traumatis melalui pemulihan trauma (Trauma Healing). 

Gangguan  Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan mental akibat peristiwa yang mengerikan, seperti kecelakaan, perang, ataupun kejadian bencana alam (gempa bumi, tsunami, longsor dan lainnya).

BACA JUGA: Siap-siap, Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Cuma 7 Hari, Cek Informasinya Disini

Pada korban bencana muncul setelah 1 bulan, sedangkan gangguan trauma yang muncul kurang dari 1 bulan disebut Acute Stress Disorder (ASD). 

Biasanya korban yang mengalami ASD dapat pulih kembali dari gangguan trauma sehingga hanya memerlukan dukungan Psikososial. 

Sedangkan gangguan ptsd memerlukan penanganan khusus, seperti terapi psikis dengan Intervensi khusus dan jika sangat mengganggu dapat dipertimbangkan pemberian obat-obatan. 

Dampak dari gangguan trauma  bervariasi, dari yang ringan sampai yang berat diantaranya:

BACA JUGA:5 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera yang Cocok Bagi Pendaki

Ada yang selalu merasa cemas dan sangat mengganggu, terbayang-bayang dengan peristiwa bencana, mimpi buruk yang menyebabkan kesulitan tidur, kondisi fisik penderita menjadi siaga ketika mereka mengingat ataupun memikirkan trauma yang dialami.  

 

Artikel sudah tayang di jpnn.com dengan judul: Gempa Bumi M 6,2 Guncang Jember, Sebagian Malang & Pasuruan Terasa

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com