Honda

Masak Mie Kuning Kering Agar Tidak Mudah Basi, Begini Caranya

Masak Mie Kuning Kering Agar Tidak Mudah Basi, Begini Caranya

Ilustrasi Mie kering kuning yang sudah diolah--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Teman-taman pasti sering menemukan mie kuning yang banyak sekali dijual dalam kondisi kering agar tahan lama.  Biasanya mie jenis ini olah untuk jadi mie goreng ataupun ditumis bersama sayur, bakso ataupun tambahan sosis.

Biasanya Rasanya enak mudah dibuat dan olahan mie kuning ini sering dijadikan sebagai menu catering atau hujatan.  Sayangnya mie ini cenderung mudah basi.  

Apabila mie kuning sudah dimasak dan tidak cepat diolah akan berlendir dan bau tak sedap, bahkan jika dibiarkan dalam waktu sekitar 12 jam.

Nah teman-teman apabila sudah basi yang pastinya mie ini  tidak bagus di konsumsi lagi.  Tahukah kalian cara masak mie ini  ternyata mempengaruhi kualitasnya pada saat disajikan.

 

BACA JUGA:CATAT! 11 Bansos Akan Dilanjutkan Tahun 2023, Satu Keluarga Bisa Dapat Rp20 Juta



Mie kuning cenderung mudah basi karena dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu, oleh sebab itu memasaknya dengan cara lain agar tahan lama.

Salah satu cara agar mie tidak mudah basi adalah dengan disiram air panas. Selain memilih mi yang masih baru, sebelum diolah mi juga harus disiram air panas terlebih dahulu.

Hal ini berguna agar kebersihan mi tersebut tetap terjaga dan menghasilkan mi yang lebih lembut.  Mi basah segar dapat disimpan di suhu ruangan, tetapi ketahanannya hanya satu hari.

Mie kuning yang akan diolah hanya perlu direndam dengan air biasa (bukan air panas). Karena teksturnya cenderung tipis dan kecil, mie kuning akan dengan mudah lunak ketika hanya direndam dengan air.

 

BACA JUGA: Simak, Ini Alasan Kamu Tidak Dapat Bantuan PKH dari Kemensos


Nah, kamu hanya perlu merendam mi kuning yang kering hingga mulai lunak dan setiap bagiannya terpencar, tak perlu sampai matang.

Mie yang sudah direndam harus segera ditiriskan agar kering. Proses ini penting dilakukan agar mie tidak telalu lembek dan mudah hancur. Saat meniriskan mie, kamu bisa menambahkan sedikit demi sedikit minyak goreng dan aduk sampai rata.

Hal ini bertujuan agar mi tidak lengket saat sudah matang.  Pastikan minyak merata ya, agak tidak lengket satu sama lainnya.

Setelah itu, kukus mi kuning tadi di atas panci kukusan yang sudah benar-benar panas dan airnya mendidih. Kukus sampai kurang lebih 25 menit atau sampai mi benar-benar matang.

 

BACA JUGA:Siap-siap! 3 Bansos Ini Akan Kembali Cair Bulan Depan


Saat mengukus, pastikan porsi mi jangan terlalu banyak supaya seluruh bagian bisa matang dengan sempurna.  Begitu cara mengatasi mienya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: