RDPS
Honda

Resep Cakwe Empuk dan Mengembang Rasanya Maknyos

Resep Cakwe Empuk dan Mengembang Rasanya Maknyos

CAKWE sajian sarapan yang enak dan gurih-ignusi_kwan-

PALEMBANG. PALPRES.COM - Cakwe adalah jajanan yang kini mudah ditemukan di pedagang gerobak pinggir jalan. Cakwe sendiri adalah makanan asal Tionghoa yang dalam dialek Hokkian artinya hantu yang digoreng.

Cakwe adalah salah satu makanan tradisional Tionghoa yang banyak ditemui di beberapa daerah di Indoensia. Cakwe ini sejenis roti goreng yang berbentuk memanjang dan agak berongga di dalamnya.

Kue ini banyak digemari karena rasanya yang gurih, tak terlalu manis dan terlalu asin. Biasanya kue ini digunakan sebagai pengganti sarapan dan banyak dijual di pinggir jalan.

Cakwe sendiri memiliki sejarah yang panjang dari negeri asalnya yakni Tirai Bambu. Cara membuat Cakwe sebetulnya cukup simpel. Namun proses pengaktifkan ragi yang keliru, dapat mempertinggi peluang Cakwe gagal alias tidak mengembang.

 

BACA JUGA:HORE! Bansos Ini Cair Lagi Akhir Tahun 2022, Besarannya Rp450 Ribu Per KPM, Cek Syarat Pengambilannya



Dikenal dengan rasa gurihnya, ternyata cakwe juga cocok dijadikan camilan manis dengan tambahan topping cokelat atau bahan manis lainnya. Ada pula, cakwe yang dikreasikan dengan bahan lain seperti udang, keju, saus kacang, dan sebagainya.

Cakwe dikenal sejak Dinasti Song yaitu sekitar tahun 960 hingga 1279. Sulit dibayangkan makanan yang ada sejak zaman dulu tersebut masih bertahan hingga kini meski dengan beragam penyesuaian.

Buat kamu yang mau bikin cakwe di rumah, bisa banget dan tinggal ikuti resep berikut ini.

 

BACA JUGA: Bantuan BPNT dan PKH Kamu Tak Cair Lagi, Ini Penyebabnya!



CAKWE
By Diyo Kitchen

Bahan :
250 gram tepung terigu pro. Sedang
170 ml air matang
2 gram soda kue
2 gram baking powder double acting
2 gram garam
1 sdm olive oil

Bahan kuah saus sambal :
3 sdm saus samba
1 sdt saus tomat
Sedikit gula
Sedikit kaldu bubuk jamur
150 ml air panas
=> Aduk semua bahan.

Cara membuat :
1. Siapkan bowl, masukan tepung terigu, soda kue, baking powder dan garam. Aduk rata.

2. Lalu tuang air sedikit sedikit sambil di aduk rata dengan sendok (penuangan air jangan langsung di tuang semua, jika penuangan air sudah cukup membuat adonan Kalis, stop pemberian air).

 

BACA JUGA: Tahun Depan Kemensos Tambah 4 Program Bansos Lagi, Maksimal Rp 20 Juta Per Orang


3. Lajutkan menguleni dengan tangan, masukan olive oil, uleni lagi sampai tekstur terasa mulus. Lalu bulatkan, olesi permukaan dengan sedikit minyak. Tutup dengan wrap, lalu diamkan 1 jam.

4. Setelah 1 jam, uleni adonan sebentar saja, dengan ujung ujung jari, caranya ambil adonan sisi kanan, lipat ke atas, lalu ambil sisi kiri, lipat lagi ke atas, sisi bawah lipat ke atas, sisi atas lipat ke atas. Lakukan sampai adonan berbentuk persegi panjang. Masukan kedalam plastik, lalu tutup rapih. Diamkan di suhu ruang semalaman. (Aku buat jam 8 malam, 7 pagi di olah).

5. Lalu siapkan meja kerja bertabur tepung tipis, letakan adonan, tarik pipihkan dengan jari sampai persegi panjang tapi agak tipis. Potong adonan selebar 2 cm, lalu ambil sumpit oles air, telan bagian tengah nya, lalu tumpuk bagian atas nya dengan adonan lagi, tekan lagi bagian tengahnya dengan sumpit.

6. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang cenderung kecilkan sedikit. Lalu ambil adonan cakwe, tarik perlahan, goreng sampai mengembang dan matang ke emasan. Tiriskan, siap sajikan dengan kuah saus sambal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: