Honda

Gempa di Kuningan M 3,8 Terasa Hingga Majalengka dan Cirebon

Gempa di Kuningan M 3,8 Terasa Hingga Majalengka dan Cirebon

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) dengan kekuatan M 3,8.-Radar Kuningan-

JAKARTA, PALPRES.COM – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar). Gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,8 berlokasi 2 km tenggara Kabupaten Kuningan.

BMKG menginformasikan gempa terjadi pada pukul 04.18 WIB, Kamis 22 Desember 2022. 

Titik koordinat gempa berada di 7,00 LS dan 108,49 BT.

"2 km Tenggara KAB-KUNINGAN-JABAR," tulis BMKG melalui Twitter.

BACA JUGA:Cara Klaim JHT Lewat Aplikasi JMO, Khusus Saldo di Bawah Rp10 Juta

BMKG menyatakan, pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog," lanjut BMKG.

Gempa diduga akibat aktivitas sesar Baribis Segmen Ciremai.

"Diduga kuat gempa Kuningan Kamis pagi ini dipicu aktivitas Sesar Baribis Segmen Ciremai," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

BACA JUGA:BSU BPJS Ketenagakerjaan Diperpanjang 27 Desember 2022, Segera Perbarui Data Anda Buat Dapat Dana Rp600.000

Ia menyatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Gempa juga terasa di Cirebon, Majalengka dengan Skala Intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Hingga pukul 05.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," demikian Daryono.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana mengatakan, berdasarkan hasil inventarisasi, gempa bumi dirasakan di 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: