Honda

Kabar Gembira, 4 Bantuan Pendidikan Ini Dilanjutkan Tahun 2023

Kabar Gembira, 4 Bantuan Pendidikan Ini Dilanjutkan Tahun 2023

Kemendikbudristek akan melanjutkan 4 bantuan pendidikan kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen, tujuannya untuk meningkatkan akses pendidikan yang merata.-Foto: M Wijdan/palpres.com-

JAKARTA, PALPRES.COM – Bantuan pendidikan dari Kemendikbudristek akan dilanjutkan pada tahun 2023. Hal ini sebagai komitmen pemerintah untuk memperluas akses pendidikan yang merata.

Bahkan beberapa bantuan pendidikan tersebut hasil kolaborasi dari berbagai kementerian.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati saat Rapat Kerja Badan Anggaran DPR dengan pemerintah memasikan jika pemerintah terus berkomitmen menjaga anggaran endidikan sebesar 20 persen dari anggaran belanja negara dalam APBN 2023.

“Anggaran pendidikan tahun 2023 sebesar Rp608,3 triliun menggambarkan 20% komitmen tetap dijaga,” ungkap Sri Mulyani dikutip Palpres.com dari kemenkeu.go.id.

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

Pemerintah pusat akan mengalokasikan Rp233,9 triliun untuk bantuan pendidikan dan Rp305 triliun yang disalurkan melalui Transfer ke Daerah ditujukan untuk membiayai operasional sekolah bagi 44,2 juta siswa dan untuk biaya operasional PAUD bagi 6,1 juta peserta didik.

Menkeu menjelaskan, arah kebijakan anggaran pendidikan tahun 2023 akan akses pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan melalui perluasan wajib belajar dan bantuan pendidikan.

Selanjutnya peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan terutama di daerah 3T, penguatan link and match dengan pasar kerja, pemerataan kualitas pendidikan, serta penguatan kualitas layanan PAUD.

Lantas, bantuan pendidikan apa yang akan dilanjutkan pada tahun 2023, simak terus artikelnya.

BACA JUGA:Download Aplikasi JMO Langsung Dapat Saldo Dana Gratis Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan, Cek Syaratnya

BACA JUGA:Cukup Bawa KTP, Dana BSU BPJS Ketenagakerjaan Rp600.000 Langsung Cair

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memaparkan postur anggaran kementerian yang dipimpinnya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 pada awal Desember kemarin.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendapatkan alokasi anggaran Rp80,22 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: