Honda

Legenda Asal Usul Terbentuknya Danau Ulak Lia di Sekayu, Begini Ceritanya?

Legenda Asal Usul Terbentuknya Danau Ulak Lia di Sekayu, Begini Ceritanya?

Destinasi Wisata Danau Ulak Lia di Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin.-Istimewa-

MUBA,PALPRES.COM- Salah satu tempat wisata yang harus di kunjungi ketika berada di Kecamatan Sekayu, ibukota Kabupaten Musi Banyuasin yakni Danau Ulak Lia yang terletak di Kelurahan Soak Baru.

Berjarak lebih kurang 2,5 Kilometer dengan luasan wilayah 75 hektar bisa ditempuh menggunakan kendaraan hanya 20 menit, karena lokasinya berada ditepian jalan lintas antar provinsi Sekayu-Pendopo.

Panorama danau ini, sangat bagus ketika sore hari karena kondisi danau yang masih asri ditambah lagi bisa musim penghujan membuat Sungai Musi pasang dan menggenangi seluruh permukaan danau Ulak Lia ini.

Namun beragam informasi dan cerita tentang terbentuknya danau Ulak Lia ini, seperti cerita dari mulut kemulut hingga saat ini. 

BACA JUGA:Patut Diteladani, Kebaikan Raden Kuning Mirip Legenda Robin Hood

Secara umum topografi di sebagian besar wilayah danau merupakan tanah dataran rendah yang tergenang air pasang. 

Wilayah perairan inti danau dengan luas mencapai 50 hektar merupakan bagian yang paling rendah, sehingga areal ini selalui tergenang air sepanjang tahun. 

Keistimewaan danau ini sebagai obyek dan daya tarik wisata terutama terhadap keunikan fisik perairan danau yang mempunyai bentuk menyerupai “tapal kuda”. 

Bentuk yang unik ini kemungkinan terjadi oleh adanya proses sedimentasi aliran Sungai Musi pada masa lalu, namun keunikan bentuk perairan danau ini hanya dapat disaksikan pada waktu tertentu, tidak dapat disaksikan sepanjang tahun karena sangat tergantung dengan hidrologi di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Yuk! Mengenang Bioskop Legendaris yang Pernah Ada di Kota Palembang

Kejadian ini terjadi pada tahun 1928 Masehi ,di dusun SUAK /Gangsiran lama hiduplah gadis cantik jelita bernama MALIA (Lia) BT Marhan Bin Samat Bin Jaid, karena kecantikannya itu membuat Bujang (Pemuda) Dusun banyak menaruh hati padanya.

Sampai pada suatu hari ada orang yang ingin memperistri Lia,orang tersebut bernama Mat Jitu/Mat Bengkok Bin Jamak, tapi sayang Lia tak menaruh hati padanya, berikut ceritanya.

Mat Jitu : Lia alangke rengke nia ulas nga,cantik nia bak bidadari,galak dak sekire’nye nga jadi biniku?

Lia : Maafke aku ,..aku dak pacak nerime kendak tuanku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber