Honda

7 Cara Pembuatan Kelapa Sangrai Tanpa diulek Biar Rendangmu Nendang Rasanya

7 Cara Pembuatan Kelapa Sangrai Tanpa diulek Biar Rendangmu Nendang Rasanya

Kelapa Sangrai merupakan bahan didalam pembuatan rendang-Tokopedia-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kelapa sangrai merupakan bahan untuk pembuatan rendang, Kelapa sangrai/kelapa gongseng ini dipakai untuk membuat rendang Padang. Kalau saya memakai 2sdm untuk 1kg Daging karena kalau terlalu banyak kelapa ini, bumbu terlalu kasat.

Salah satu bumbu utama yang kerap digunakan untuk membuat rendang adalah Kelapa sangrai atau kelapa gongseng. Bumbu ini memiliki rasa gurih dan aroma yang khas, membuat masakan seperti rendang pun jadi semakin enak.

Kelapa yang digongseng dan dihaluskan sehingga mempermudah dan mempercepat proses masak memasak. Untuk Kelapa Gongseng Halus dapat bertahan 5-7 hari jika dimasukan ke kulkas.

Cara membuat Kelapa sangrai ini terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, untuk menghasilkan bumbu kelapasangrai lembut, perlu mengulek kelapa dalam waktu cukup lama, tenaga yang digunakan pun lumayan besar. Proses mengulek tersebut bertujuan untuk mengeluarkan minyak alami yang terdapat pada kelapa.

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

Karena terbilang melelahkan, banyak orang kemudian enggan membuat bumbu satu ini. Padahal bumbu kelapa sangrai sendiri sangat berperan penting untuk meningkatkan rasa gurih dan sedap pada rendang.

Tapi tahu nggak sih, kelapa sangrai ini sebenarnya bisa dibuat dengan lebih mudah, lho. Kamu nggak perlu susah-susah mengulek kelapa untuk mengeluarkan minyak alaminya. Nah, teman-teman manfaatkan saja blender atau food processor seperti yang dilansir dari akun YouTube/Glentina Pasaribu.

Melalui salah satu unggahannya, dia memberikan tutorial membuat kelapa sangrai dengan lebih mudah tanpa diulek. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk langsung simak lansiran BrilioFood dari YouTube/Glentina PasaribU

1. Masukkan kelapa parut ke dalam wajan dan sangrai dengan menggunakan api sedang.

2. Aduk-aduk terus supaya kelapa sangrai tidak gosong dan matangnya merata. Jika hendak gosong, kecilkan api.

 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

3. Sangrai terus hingga kelapa berwarna kuning kecokelatan atau benar-benar kering. Proses ini bisa memakan waktu 40-60 menit.

4. Setelah itu, matikan api dan pindahkan kelapa sangrai ke dalam food processor.

5. Haluskan kelapa yang sudah disangrai dengan blender sampai benar-benar lembut.

 

BACA JUGA:Simak, Ini Alasan Dihapusnya Status Penerima Bansos PKH Tahun 2023
6. Jika blender mulai panas, matikan. Lalu lanjut blender lagi sampai kelapa sangrai mengeluarkan minyak dan teksturnya leih lembut.

7. Jika teksturnya sudah lembut dan berminyak, pindahkan ke dalam wadah tertutup. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk memasak rendang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: