Honda

PPA Job Site Bukit Asam Kembangkan Skill Puluhan Putra Daerah Tanjung Enim dan Lahat

PPA Job Site Bukit Asam Kembangkan Skill Puluhan Putra Daerah Tanjung Enim dan Lahat

Direktur Operasional Putra Perkasa Abadi Joko Triraharjo (depan, dua kiri) bersama para peserta Bintalsik FMDP Batch XII di Magelang, Jawa Tengah--Istimewa/palpres.com

MAGELANG, PALPRES.COM- Sebanyak empat puluh putra daerah Muara Enim dan Lahat peserta program Fresh Mechanic Development Program (FMDP) Batch XII PT Putra Perkasa Abadi (PPA) Job Site Bukit Asam mengikuti pembinaan mental dan fisik (Bintalsik) di Rindam IV Magelang. 

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PPA dalam pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Bintalsik yang dimulai sejak 29 November 2022 ini merupakan tahap awal Fresh Mechanic Development Program (FMDP) Batch XII. 

Sedikitnya empat puluh lulusan terpilih SMK dari Muara Enim dan Kabupaten Lahat serta mahasiswa Akademi Ilmu Pertambangan Bukit Asam (AKIBPA) menjalani seleksi untuk menjadi peserta didik FMDP. 

BACA JUGA: HUT RI ke-77, Museum Batubara Bukit Asam Resmi Dibuka

Setelah melewati seleksi ketat, para peserta didik menjalani pembinaan di Palembang dan On Job Training (OJT) di Site Bukit Asam PPA.

“Kegiatan ini telah berjalan hingga dua angkatan, untuk yang pertama kami memberangkatkan 64 siswa dan untuk yang kedua ini kami memberangkatkan 40 siswa. Kita mengharapkan hasil terbaik setelah peserta mengikuti kegiatan Bintalsik ini, menjadi contoh (peserta) yang baik dan tangguh,” ungkap Agung Budiarto, Site Manager PPA Site Bukit Asam. 

“Bintalsik selama 10 hari di Rindam IV Magelang diharapkan bisa merubah kepribadian para siswa, (mereka) dapat mengendalikan diri, sehat jasmani dan rohani serta menemukan jati diri sesungguhnya,” tambahnya.

FMDP merupakan salah satu program human resources development dari PPA Akademi yang diperuntukkan bagi fresh graduate SMA/SMK/Sederajat dengan tujuan kaderisasi mandiri mekanik unggul siap kerja yang fasih dengan bisnis proses dan budaya kerja PPA. 

BACA JUGA:Bukit Asam Sabet 3 Penghargaan di Ajang TJSL & CSR Award 2022

Selain FMDP, PPA Akademi juga memiliki program lainnya untuk pengembangan sumber daya manusia industri pertambangan, yakni Fresh Operator Development Program (FODP) untuk kaderisasi operator PPA bagi fresh graduate SMA/SMK/sederajat dan PPA Leader Development Program (PLDP) untuk kaderisasi Group Leader bagi fresh graduate D4/S1.

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) merupakan kontraktor tambang terbesar ketiga di Indonesia, dengan target produksi overburden removal tahun 2022 sebesar 267 juta BCM. 

Produksi tersebut didapat dari 9 project tambang batubara dan 2 project tambang nikel. Di Sumatera Selatan, PPA menjalankan kontrak jasa tambang pada site PT Bukit Asam Tanjung Enim dan PT Mustika Indah Permai (Adaro Mining) di Lahat sejak awal tahun 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com