Honda

Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Palembang Kembali Diperingati, Diikuti Puluhan Komunitas

 Pertempuran 5 Hari 5 Malam di Palembang Kembali Diperingati, Diikuti Puluhan Komunitas

Foto bersama panitia persiapan peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam, di Gedung Al Hijrah di Jalan Sukabangun I Kecamatan Sukarami Palembang pekan lalu. -Dudy Oskandar-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Setelah sukses menghelat Peringatan Pertempuran 5 Hari 5 Malam (P5H5M) tahun 2022 lalu, panitia yang terdiri dari berbagai komunitas akan kembali digelar Peringatan  P5H5M pada 1-5 Januari 2023 . 

Peringatan ini akan dimeriahan dengan berbagai kegiatan, diantaranya pawai kendaraan, longmarch, teaterikal, orasi kebudayaan, puisi di hari pertama, dan sebagainya. 

Sedangkan hari ke dua hingga ke lima, ada pameran sepeda ontel dan barang jadul, diskusi sejarah dan bazaar UMKM.   

Sebagaimana dikatakan Ketua Panitia, Dr Dedi Irwanto, kegiatan P5H5M  yang diinisasi kawan-kawan pengurus dari Yayasan Kesultanan  Palembang Darusalam bersama YM SMB IV RM Fauwaz Diradja dan diketuai oleh Vebri Al lintani telah sukses dilaksanakan pada tahun lalu, dan insya Allah dapat terlaksana kembali pada tahun 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

Menurut Dedi yang juga menjabat sebagai  Ketua Lab Sejarah FKIP Unsri ini,  tahun 2023 ini jumlah komunitas yang mendukung kegiatan bersejarah ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu, peringatan pertempuran P5H5M diikuti oleh 55 komunitas, tahun ini jika melihat daftar komunitas yang telah aktif dalam kepanitiaan per hari ini telah mencapai 74 Komunitas. 

Sepertinya akan bertambah lagi. 

Makin banyak komunitas yang ikut, makin baik,” kata Dedi yang juga  Ktua Masyarakat Sejarawan Indonesia Kota Palembang,” katanya, Minggu, 25 Desember 2022.

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

Selain keterlibatan Komunitas, sementara ini akan ada juga keterlibatan dari pihak Pemerintah Kota Palembang, Provinsi Sumsel dan Dinas Koperasi dan UMKM, LPP RRI Palembang serta pihak Bintaljarah Kodam II/Sriwijaya.

“Kami telah beraudiensi dengan Ibu Wawako Palembang Fitri Agustinda, Kadisbudpar  Sumsel, Kadis Koperasi dan UMKM, RRI dan Bintaljarah Kodam II/Sriwijya  serta pihak terkait, agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. 

Namun kami masih berharap akan ada juga audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan dan  Pangdam II/Sriwijaya, untuk dukungan yang lebih baik. 

Kebetulan juga pada tanggal 1 Januari itu juga adalah HUT Kodam II/Sriwjaya ” ujar Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com