Honda

Suka Ceker Ayam? Berikut Tips Supaya Empuk Tanpa dimasak Berjam-jam

Suka Ceker Ayam? Berikut Tips Supaya Empuk Tanpa dimasak Berjam-jam

Ceker Ayam yang sudah dibersihkan dan siap dimasak-NET.-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ceker ayam tergolong bahan makanan yang cukup populer lho. Kalau awalnya hanya muncul dalam sop atau diolah jadi Ceker ayam goreng, sekarang cukup banyak juga masakan kekinian yang dibuat menggunakan bahan ini.

Terutama makanan pedas seperti seblak dan Ceker ayam mercon, ceker tanpa tulang, kripik ceker yang pasti masih banyak lagi olahan yang  terbuat dari ceker.

Ceker ayam adalah salah satu bagian dari ayam yang dapat dikonsumsi.  Bagian kaki terbawah ayam ini tak sedikit orang menyukainya karena rasanya yang nikmat.

Ini memiliki tekstur yang unik dan lembut, serta rasanya yang gurih. Beberapa olahan Ceker ayam, antara lain soto, sop, hingga dimsum.

 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

Pengolahan ceker ayam dinilai susah-susah gampang bagi sebagian orang. Sama seperti bagian ayam bertulang lainnya, ceker ayam bisa alot jika tidak diolah dengan benar.

Ceker biasanya memiliki lapisan kulit yang agak keras di bagian luar. Sebelum dimasak, lebih baik hilangkan dulu kulit ini.

Jika sulit, sayat-sayat lapisan ini dan rebus ceker sebentar agar lebih mudah dikelupas. Selain kulit, hilangkan juga kuku-kuku pada ceker ayam.

Tentu sebelum mengolah ceker ini Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Potong kuku dan kulit paling luarnya agar bersih dari kotoran.

Untuk mempermudah menguliti kulit luarnya, bisa direndam di dalam air panas selama 10 menit terlebih dahulu. Nah setelah membersihkan, ikutip tips berikut ini:

 

BACA JUGA:Begini Caranya Dapat Saldo Dana Gratis Khusus Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Tahun Depan
1. Rendam ceker ayam dengan perasan jeruk nipis selama 15 menit.

Ini dilakukan agar bau amis ceker bisa hilang. Jangan lupa untuk membilas ceker ayam dengan air setelahnya. Kalau tidak, rasa jeruk nipis akan menempel dan membuat ceker ayam menjadi pahit.

Anda bisa juga menggantinya dengan cuka, selain menghilangkan amis, cuka atau jeruk nipis ini bis amembantu mengempukkan ceker karena kandungan asamnya. Namun jika Anda menggunakan cuka, rendam saja selama 5 menit.

2. Merebus ceker

Jika ingin empuk dengan cepat, disarankan menggunakan panci presto yang hanya memakan waktu 10 menit. Tapi kalau tidak ada, kita bisa menggunakan panci biasa.  Rebus ceker ayam selama 1 jam dan menggunakan api kecil. Ini akan membuat ceker ayam empuknya merata.

BACA JUGA:Spesial Natal! Modal Rebahan Dapat Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu Langsung Cair

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warung Soto Legendaris di Palembang


3. Jangan hanya dengan air.

Tambahkan garam, bawang putih, daun jeruk, dan jahe ke dalam ceker ayam yang sedang direbus. Dengan begitu, ceker ayam akan jadi nikmat dan cepat empuk.Nah, kalau sudah begini, kita siap membuat masakan dari ceker ayam yang nikmat dan empuk sampai ke tulang. Oh iya, ceker ayam juga mengandung kolagen yang bagus untuk kulit kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: