Honda

5 Langkah Agar Memasak Bunga Pepaya agar Tidak Pahit dan Enak

5 Langkah Agar Memasak Bunga Pepaya agar Tidak Pahit dan Enak

Pengolah Bunga Kates Agar Tidak Pahit-ig/cin_yen65-

PALEMBANG, PALPRES.COM- Teman-teman ada yang suka bunga pepaya? Ternyata makanan ini banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

bunga pepaya punya tekstur unik dan aroma yang harum. Umumnya, bunga pepaya dimasak bersama ikan atau cumi asin karena bisa menetralisir bau amis seafood.

Rasa pahit yang terdapat pada daun pepaya didapatkan dari kandungan alkaloid karpain dan enzim papain. Daun pepaya mengandung senyawa alkaloid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Namun, bunga pepaya memiliki rasa pahit yang tidak disukai banyak orang. Ada cara untuk memasak bunga pepaya agar tidak terlampau pahit. Tips dari Sajian Sedap ini dimulai dari cara menyiangi bunga pepaya, seperti berikut:

 

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

1.    Perhatikan cara menyiangi bunga pepaya
Bunga pepaya biasanya dijual dalam bentuk masih menempel dengan batangnya. Pastikan untuk menyiangi bunga dari batangnya. Sebab, batang bunga pepapaya ini lebih pahit ketimbang bunganya.

Namun, bagi kamu yang doyan pahit, bisa memetik bunga pepaya dengan bagian batang yang muda. Cirinya batang berwarna hijau muda, lunak, dan mudah dipetik.

2. Remas bunga pepaya dengan garam
Cara termudah untuk mengilangkan pahit bunga pepaya adalah dengan cara membersihkan bunga pepaya dengan garam. Gunakan garam dengan jumlah banyak, remas bunga pepaya secara perlahan agar tidak hancur.

 

BACA JUGA:Spesial Natal! Modal Rebahan Dapat Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu Langsung Cair


Ulangi proses ini dua sampai tiga kali, jika takut bunga pepaya masih pahit. Cuci bersih bunga dari garam agar tidak asin saat dimasak.

3. Pakai Asam Jawa
Asam Jawa juga bisa dipakai untuk bantu menghilangkan rasa pahit dan getah bunga pepaya. Caranya cukup mudah. Rebus air dan asam jawa sampai mendidih.

 

BACA JUGA:Begini Caranya Dapat Saldo Dana Gratis Khusus Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Tahun Depan

Masukkan bunga pepaya, aduk sebentar, dan rebus sampai bunga pepaya lunak. Buang air rebusan, tiriskan bunga pepaya, lalu bilas dengan air dingin, dan tiriskan kembali.

4. Pakai daun jambu biji
Remas bunga pepaya, kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah itu, diamkan selama 10 menit. Setelah getah berkurang, bilas daun pepaya dengan air mengalir, lalu rebus dengan beberapa lembar daun jambu biji hingga mendidih.

5. Pakai Daun Singkong dan Daun Luntas
Siapkan daun singkong dan daun luntas. Lalu, masukkan ke dalam air rebusan bersama bunga pepaya. Rebus sampai bunga pepaya layu.

Kemudian, tiriskan. Pisahkan bunga pepaya dari daun singkong dan daun luntas. Atau kalau mau semuanya dicampur untuk ditumis bersama juga bisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: