Honda

Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Pasangan pribumi Palembang mengenakan pakaian adat Palembang yang bernama Aesan, ca 1850an-1900an--wikipedia

PALEMBANG, PALPRES.COM - Provinsi Sumatera Selatan dengan Ibu Kota Palembang menjadi salah satu wilayah di Pulau Sumatera yang kaya akan keberagaman budaya, bahasa dan juga dihuni oleh banyak suku bangsa yang tersebar di Bumi Sriwijaya.

Setiap suku bangsa tersebut memiliki bahasa dan adat istiadat serta budaya yang berbeda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Jika melihat jumlahnya, data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010 Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa di Tanah Air.

BACA JUGA:Mengenal 12 Suku Melayu di Sumatera Selatan yang Wajib Diketahui

Di Sumatera Selatan sendiri terdapat 12 suku bangsa yang tersebar di Bumi Sriwijaya. Berikut Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya yang dikutip palpres.com dari berbagai sumber.

1. Ogan Komering Ulu

Kabupaten Ogan Komering Ulu atau sering disingkat OKU adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Ibu kotanya adalah Baturaja. Kabupaten ini terkenal dengan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak Suku Ogan di Provinsi Sumatera Selatan.

Penduduk Ogan Komering Ulu berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 berjumlah 367.603 jiwa. Suku di daerah Ogan Komering Ulu, ogan (54.38%), jawa (24.83%), daya (7.35%), sunda (3.96%), Palembang (2.79%), Komering (2.14%).

BACA JUGA:Mengenal Suku Komering, Setiap Calon Pengantin Dapat Gelar Adat

2. Ogan Komering Ilir

Ogan Komering Ilir adalah sebuah wilayah kabupaten di Sumatra Selatan yang memiliki luas 19.023,47 km² dan berpenduduk sekitar 731.721 jiwa. Ibu kotanya adalah Kecamatan Kayu Agung. Pada tahun 2020, kabupaten ini memiliki 18 Kecamatan yang terdiri atas 314 desa beserta 13 kelurahan.

Di Kabupaten Ogan Komering Ilir terdapat suku jawa (35.40%), melayu (25.96%), komering (7.96%), kayuagung (5.83%), pedamaran (5.75%).

3. Muara Enim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: