Honda

Sepanjang 2022, Pengunjung Museum Negeri Sumsel Meningkat Drastis

Sepanjang 2022, Pengunjung Museum Negeri Sumsel Meningkat Drastis

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi menjelaskan sejumlah koleksi kepada Direktur Eksekutif Dumantara Riset Institute, DR. Hendra Sudrajat, S.H., M.H,. Foto: Istimewa--

PALEMBANG, PALPRES.COM – Jumlah pengunjung Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputera Dewa terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Seperti di tahun 2020 tercatat ada 27966 pengunjung baik itu pelajar, mahasiswa, umum, peneliti dan lainnya.

Begitu juga di tahun 2021 geliat kunjungan museum milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tersebut mengalami kenaikan dengan total 30018 pengunjung selama tahun tersebut.

Dan pada 2022, kemarin pengunjung museum di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel tersebut mengalami kenaikan cukup pesat bahkan mencapai 55619 pengunjung.

BACA JUGA:15 Kejadian Paling Viral di Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Nomor 7 Paling Heboh!

“Alhamdulillah, pasca covid-19 angka pengunjung selalu naik setiap tahunnya. Mudah-mudahan di tahun 2023 ini, pengunjung museum semakin naik hingga mencapai 100 ribu pengunjung bahkan kalau bisa lebih,” kata Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel dan Taman Budaya Sriwijaya, H Chandra Amprayadi SH kepada Palpres.com, Ahad 1 Januari 2023.

Chandra mengaku, lonjakan pengunjung terjadi baik itu pengunjung pada hari sekolah maupun momen libur sekolah.

“Bukan hanya sekolah-sekolah yang ada di Sumsel. Namun banyak juga pengunjung dari luar Sumsel, seperti Lampung, Jambi dan lainnya. Bahkan ada beberapa wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada 2022 kemarin banyak program publikasi museum yang telah diselenggarakan. Seperti lomba melukis untuk umur 13-17 tahun, lomba mendongeng dan membaca cerpen.

BACA JUGA:Sumsel Resmi Miliki Motif Batik Hasil Eksplorasi Peninggalan Sejarah

Ada juga lomba tahunan Museum Balaputera Dewa bekerjasama dengan Harian Umum Palembang Ekspres dan Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumsel yakni Sang Juara “Payo ke Museum” yang diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA di Sumsel.

Selain itu museum milik Pemprov Sumsel ini juga mengadakan workshop membatik, workshop songket, workshop keris/panah, workshop gasing, workshop pembuatan pempek dan pameran bersama se-Sumsel.

Seperti diketahui, Museum Negeri Sumatera Selatan, Balaputera Dewa merupakan museum yang dikategorikan sebagai museum umum yang memiliki jumlah koleksi terhitung Februari 2022, sebanyak 17.623 buah.

Museum yang terletak di Jalan Srijaya I No. 288 Km. 5,5 Kelurahan Srijaya memiliki banyak sekali koleksi unggulan di antaranya Offset Harimau Sumatera, Rumah Limas, Songket Pinggir Pangkeng, Arca Batu Gajah, Arca Ibu Mendukung Anak, Prasasti Emas Suwarnapatra, Arca Wairocana, Piagam Padang Ratu, Pedang (Katana), Lukisan Abstrak Karya Amri Yahya, Perahu Lesung, Kaghas Pengobatan Tradisional, dan beberapa koleksi lainnya.

BACA JUGA:6 Museum Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

Selain itu, museum ini juga menampilkan berbagai koleksi dan informasinya dengan beragam tema, yakni Sejarah Alam Sumatera Selatan, Kehidupan Manusia Prasejarah di Sumatera Selatan, dan Sungai Musi dalam Peradaban Masyarakat Sumatera Selatan pada Gedung Pameran Tetap I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com