Honda

Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Pemberian bantuan untuk meningkatkan produksi ikan terus dilakukan Pemkot Pagaralam-Eko Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM -Dalam rangka meningkatkan produktivitas budidaya perikan, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam kembali salurkan bantuan kepada kelompok budidaya perikanan (Pokdakan).

Bertempat di Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, dilakukan penyerahan bantuan pakan dan bibit ikan kepada Pokdakan Parahyangan Besemah.

“Bantuan pakan dan bibit ikan ini merupakan Program Pengembangan Budidaya Ikan khususnya di Kota Pagaralam,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam Hj Zaitun Msi melalui Kabid Pemberdayaan dan Pengelolaan Budidaya Perikanan Okta Novianto SPi.

Adapun bantuan bibit ikan unggul ini jenis Nila sebanyak 25.000 ekor. 

BACA JUGA:Budidaya Ikan Lele Andalan Ketahanan Pangan Desa Suka Negara

Selain itu, lanjut Okta Pokdakan juga dibantu pakan 870 kilogram.

Dengan adanya program ini, petani yang membudidayakan ikan terbantu permodalan.

“Bantuan ini sifatnya stimulan dalam artian memotivasi pembudidaya perikanan tetap mandiri,” lanjut Okta.  

Besar harapan, usaha perikanan mereka bisa maju dan berkembang. Tidak terlepas dari itu, budidaya perikanan bisa dilirik kendati tak sedikit pembudidaya terganjal permodalan dan tingginya harga pakan. 

BACA JUGA: Budidaya Ikan Patin Semakin Diminati Warga OKUT

“Kita dari dinas berupaya mendorong petani ikan mampu memproduksi pakan sendiri. Dalam mendukung meningkatkan produksi ikan dan mencukupi konsumsi ikan bagi masyarakat Pagaralam,” pungkas Okta. 

Sebagai daerah dengan sumber air berlimpah, Pagaralam memiliki potensi ikan sungai dan kolam ternak warga cukup besar.  

Seharusnya potensi yang dimiliki itu menjadi dasar bagi Pemkot Pagaralam untuk menjadikan sebagai pemasok ikan lokal, sehingga tidak lagi mengambil dari daerah lain, apalagi konsumsi ikan masyarakat cukup tinggi.

Stok ikan untuk  konsumsi masyarakat sampai saat ini belum sepenuhnya dipasok dari peternak lokal, dan masih bergantung pada pasokan daerah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: