Honda

6 Khasiat Rempah-rempah yang Buat Asam Urat Tinggi Lari Ngibrit

6 Khasiat Rempah-rempah yang Buat Asam Urat Tinggi Lari Ngibrit

Khasiat rempah-rempah penghilang asam urat--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Penderita asam urat biasanya memiliki gejala umum yang dirasakan yaitu rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki, tekukkan tangan dsb.

 

Penyakit asam urat biasanya muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat didalam tubuh.

 

Asam urat tinggi bisa diobati secara tradisional, biasanya terbuat dari bumbu rempah-rempah yang kadang kita makan, tapi tidak tahu khasiatnya.

 

Meningkatnya suatu produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya kalian mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

 

BACA JUGA:Resep Klapertart Durian, Gurih dan Lembut Rasanya Nampol Banget

BACA JUGA:Pemilik Kartu BPJS Kesehatan Bisa Dapat Cuan dari PKH Rp2.400.000, Simak Caranya Disini!

 

Just info ada beberapa makanan yang kandungan purin terlalu tinggi seperti daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, serta keju.

 

Penyakit asam urat harus segera diobati ya teman-teman karena banyak sekali efek ke tubuh kita, salah satunya bengkak yang dirasanya ditempat tumpukan purin yang tinggi.

 

Pada umumnya diderita masyarakat, penyakit satu ini tidak menular, penyakit ini menyerang laki-laki dan perempuan, kebanyakan menyerang orang yang menginjak usia 30 tahun.

 

Nah teman-teman berikut 6 Bumbu dapur yang efektif menurunkan asam urat tinggi;

BACA JUGA:10 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat Tanpa Obat

BACA JUGA:Kabar Gembira! Lansia Pemilik Kartu KIS Bisa Mendapat 3 Jenis Bansos Ini, Segera Cek Link!

 

1. Kayu manis 

 

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif.  Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid.

 

Kayu manis mengandung segudang senyawa aktif, bayangkan ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan Flavonoid.

 

Nah senyawa aktif tersebut berperan untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh kita.

 

BACA JUGA:Menikmati Resep Sambel Jok-jok Khas Komering, Menambah Nikmat Luar Biasa

BACA JUGA:Resep Seblak Kuah Pedas, Dijamin Menggoyang Lidah

 

Teman-teman bisa membuat obat herbal untuk asam urat dari kayu manis dirumah kalian, selain 1 buah kayu manis, teman-teman bisa siapkan rempah-rempah yang lain seperti jahe merah 15 gram, kapulaga 5 butir, bunga cengkeh 5 gram, daun sosor bebek 4 lembar, dan air 600 ml.

 

Masukan semuanya ke dalam air lalu rebus sampai mendidih serta sisakan air hingga 300ml. Selagi hangat diminum ya teman-teman dengan takaran 1 kali sehari.

 

2. Kunyit 

 

Kunyit mengandung kukumin yang efektif banget meredakan asam urat, untuk merasakan khasiatnya cukup seduh satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. teman-teman minum air kunyit tersebut dua kali sehari.

3. Bawang putih 

 

Bawang putih mengandung antioksidan yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi.  Teman-teman cukup mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah setiap hari untuk menurunkan asam urat tinggi. 

 

BACA JUGA:Resep Rawon Lezat dan Gurih, Buat Lidah Ketagihan

BACA JUGA:Resep Dimsum Ala Ama Gandi Dijamin Buat Anak-anak Ketagihan

 

4. Merica 

 

Merica Selain jadi bumbu masakan, lada juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satunya, lada efektif mengobati asam urat. 

 

Lada mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri.  Teman-teman siapkan merica 5 gram, jahe 10 gram, jahe merah 10 gram, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, kapulaga 5 butir, cengkeh 5 butir, ubi jalar merah 200 gram, gula merah secukupnya, air 1 liter.    Teman-teman cuci semua bahan sampai bersih.

 

Setelah itu, kalian rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sebanyak 500 ml.  Anda bagi dua air rebusan tersebut sama banyak. Teman-teman minum air rebusan merica dan rempah-rempah lainnya dua kali sehari dan makan ubi jalarnya

 

5. Daun salam

 

Daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam dipercaya ampuh menurunkan asam urat tinggi. 

 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup rebus 10-25 lembar daun salam dengan tiga gelas air. Teman-teman rebus daun salam sampai menyisahkan segelas air. 

Teman-teman minum setengah gelas air rebusan daun salam dua kali sehari secara rutin.

BACA JUGA:Resep Lapis Kanji Coklat, Lembut dan Enak

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Mentega Mudah dan Praktis, yang Pasti Spesial untuk Keluarga

 

6. Kapulaga

 

Kapulaga mengandung minyak atsiri, saponin, flavonid, mangan, pati, protein, polifenol, lemak, dan silikat.  Saponin dan flavonid dalam kapulaga bermanfaat menurunkan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: