Honda

Dukung Program GSMP, Pemkab Muratara Bangun Lahan Percontohan, Mau Tau Lokasinya?

Dukung Program GSMP, Pemkab Muratara Bangun Lahan Percontohan, Mau Tau Lokasinya?

Pemilik Lahan Percontohan Ir Arsym di Kabupaten Muratara.-Hengki Palpres.com-

MURATARA,PALPRES.COM – Dalam mendukung program Gerakan Sumsek Mandiri Pangan (GSMP) yang mana Gubernur Sumsel H Herman Deru sebagai promotor gerakan tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara membuat kebun percontohan yang berlokasi di kampung 7 Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit.

Bila ingin menuju ke lokasi lahan percontohan, dari arah Kota Lubuklinggau sebelah kiri menuju simpang Singkut, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Pemilik lahan Ir Asym mengatakan, pemerintah fokus membantu GSMP dengan menggerakkan masyarakat untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terindah di Sumatera Selatan, Nomor 5 Bikin Terkagum-kagum

"Maka kami membuat lahan percontohan, lahan ini lebih kurang setengah hektar, semua akan kami tanamkan cabai merah,"kata Asym.

Dia menegaskan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), dimulai dari lahan terbatas, dan disekitar perkarangan rumah.     

Sekecil apapun peluang yang dimiliki masyarakat, namun jika kelola dengan maksimal tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Untuk memulai bercocok tanam itu tidak mesti dari lahan yang luas, bibit yang banyak. Tapi bisa mulai dari halaman kecil di rumah atau menggunakan polybag," katanya. 

BACA JUGA:Giliran UMKM Dapat Dana Bansos Hingga Rp3.000.000 dari Pemerintah, Begini Cara Daftarnya       

Dengan memanfaatkan lahan di sekitar perkarangan rumah, paling tidak warga mampu menghasilkan untuk kebutuhan sehari hari. 

"Jadi segala sesuatu itu tidak harus dibeli di pasar. GSMP ini mengajarkan pola hidup produktif," bebernya.        

Ia menyebutkan di 2023 sebagai tahun kelam. Karena sudah banyak pihak yang memprediksi akan terjadi resesi ekonomi.      

"Kalau ada perkarangan kosong, lahan yang tidak digarap mari tanami sayuran, kalau banyak keluarga ajak bentuk kelompok tani. Hidupkan dan hijaukan lagi pertanian di Muratara, ini bisa jadi solusi resesi ke depan,"jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: