Honda

Berencana Mendaki Gunung Dempo? Harus Perhatikan Hal Penting Ini

Berencana Mendaki Gunung Dempo? Harus Perhatikan Hal Penting Ini

Petugas pemantau Gunung Api Dempo (GAD) memantau pergerakan cuaca GAD dari alat deteksi di Posko Pemantauan.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Kondisi cuaca kurang bersahabat dengan intensitas curah hujan yang tinggi, terjadi di Kota Pagaralam akhir-akhir ini.

Karena itu petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam mengimbau, kepada pecinta alam dan masyarakat, yang ingin muncak ke Gunung Api Dempo kiranya dapat terus meningkatkan kehati-hatian.

“Kalau kita lihat, berdasarkan pemantauan visualisasi langsung di kawasan Merapi dan puncak Gunung Dempo, saat ini kondisi GAD tengah mengalami cuaca yang cukup ekstrem disertai angin kencang dan hujan yang terus menerus. Sebab itu, kita imbau kepada pendaki agar lebih berhati-hati,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha.

Dari pantauan dikatakan Megian, yang dilakukan secara visual di puncak Dempo, seringkali terjadi badai. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pendaki, untuk tidak mendekat ke kawah, dengan radius 1 km dari pusat kawah. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, BPBD Ingatkan Jauhi Kawasan Rawan Longsor dan Pohon Tumbang

“Selain melakukan pemantauan secara visual di kawasan puncak dan kawah Merapi, kami juga melakukan pemeliharaan, dengan pemeriksaan langsung alat pemancar seismograf, sembari mengganti baterai aki yang sudah lemah. Sekali lagi, kita imbau kepada para pendaki, untuk senantiasa waspada dan tetap mencari informasi terkini, seputar Gunung Api Dempo,” imbuhnya. 

Terpisah mencermati kondisi cuaca ekstrim terjadi dalam kurun waktu 2 pekan terakhir ini, turut pula menyelimuti kawasan puncak Gunung Api Dempo (GAD), Balai Registrasi Gunung Dempo (Brigade) Kota Pagaralam mengimbau kepada masyarakat. 

Khususnya, para pecinta alam dan penggiat alam bebas, untuk selalu berhati-hati saat berkegiatan, seperti melakukan pendakian ke puncak Gunung Api Dempo.

“Saat ini kondisi GAD tengah mengalami cuaca ekstrem disertai angin kencang dan hujan yang terus-menerus. Untuk itu, kepada pendaki yang ingin muncak, agar menyiapkan peralatan dan  perlengkapan lengkap,” kata Ketua Brigade Kota Pagaralam, Arindi Ar.

BACA JUGA:Buka Pendaftaran PKD, Bisa di 5 Kecamatan di Kota Pagaralam

Dikatakan Arindi, apalagi saat ini musim hujan, para pendaki lebih harus lebih siap lagi. Contohnya, sepatu yang kuat terhadap air, tas yang pakai cover dan juga waterproof, begitu pula kondisi fisik tentunya harus lebih disiapkan lagi. 

“Dan sebelum mendaki, pendaki pun harus bermalam terlebih dahulu di sekitaran Kampung IV, untuk menyesuaikan suhu tubuh. Sebab musim hujan suhu di Gunung Dempo sangat dingin,” paparnya.

Khusus buat pendakian, kata Arindi, pihaknya tetap memberlakukan hingga pukul 14.00 WIB, lewat dari jam tersebut, pendakian sudah tidak diperbolehkan lagi. 

“Ini sebagai upaya menghindari cuaca yang buruk, serta resiko yang dialami pendaki jika ke malaman di jalur pendakian,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com