Honda

Ayo Kenali 5 Bahasa Daerah yang Ada di Kabupaten Empat Lawang

Ayo Kenali 5 Bahasa Daerah yang Ada di Kabupaten Empat Lawang

Kantor Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan.-Eko Palpres.com-

Meskipun tidak terlalu banyak, ada beberapa masyarakat desa di Kecamatan Tebing Tinggi yang bertutur dalam bahasa ini. 

Mayoritas warga Desa Baturaja Lama dan Baturaja Baru yang secara geografis berada di aliran Musi berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa yang mirip dengan bahasa warga tepian Musi di Musi Rawas dan Musi Banyuasin ini. 

Bahasa ini bagi penutur bahasa Lintang atau Besemah lebih mudah dipahami daripada bahasa col atau bahasa Lembak tadi. Penuturnya cukup banyak karena selain warga asli seperti dari desa Baturaja tadi, ada pula cukup banyak pendatang yang menuturkan bahasa ini di Kecamatan TebingTinggi. 

5. Bahasa Jawa 

Penutur asli bahasa Jawa banyak bertebaran terutama di daerah bekas daerah transmigrasi dan di perkebunan-perkebunan. Suku Jawa ada banyak pula di daerah perkotaan dan bisa dikatakan ada di segala bidang meskipun dalam bertutur sudah tidak lagi menggunakan bahasa Jawa.

Di Kecamatan Tebing Tinggi ada daerah berbahasa Jawa yang sudah menjadi desa definitif yakni Desa Mekarti Jaya yang sekarang sudah tidak terlalu terpencil lagi sejak diperbaiki akses jalan ke sana. 

Nah, itu beberapa bahasa di Kabupaten Empat Lawang. Tentu ada pula penutur bahasa yang cukup dominan seperti bahasa Palembang atau bahasa Indonesia atau bahasa daerah lainnya terlepas apakah mereka penutur asli atau bukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: