Honda

Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan oleh Polres Ogan Ilir

Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan oleh Polres Ogan Ilir

Wakapolres Ogan Ilir Kompol Vita Indrawati saat memimpin kegiatan apel kesiapan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Selasa, 24 Januari 2023-Wijdan-palpres.com

BACA JUGA:Punya Harta Berlimpah, Inilah Deretan Orang Terkaya di Palembang, Mau Tahu?

Minamas Waspada Karhutla

Sementara itu dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk waspada bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun depan, Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Guthrie Pecconina Indonesia (PT GPI) kembali mengadakan pelatihan dan sosialisasi bahaya karhutla bersama masyarakat di Lapangan SDS Minamas Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lawang Wetan. Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan serta pembekalan, terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan bahaya Karhutla khususnya di area gambut. 

Harapannya masyarakat dapat menyebarluaskan semangat mencegah terjadinya kebakaran dan membantu pemadaman apabila terjadi Karhutla, serta dapat menjalankan tata cara pelaporan ke satuan tugas (satgas) jika Karhutla terjadi di sekitar lingkungannya.

Sementara Regional CEO Minamas Plantation, Moch Amri Baharudin mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam pencegahan karhutla melalui pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Ikuti Cara Dibawah Ini agar Kamu Bisa Dapat 5 Jenis Bansos dari Pemerintah

Mengingat masyarakat memegang peranan penting dalam pencegahan karhutla dan perlindungan lingkungan.

“Melibatkan masyarakat dalam membantu memitigasi Karhutla salah satu solusi internal di masyarakat untuk mengurangi dampak Karhutla, serta membiasakan masyarakat tetap tanggap dan sigap terhadap bahaya Karhutla meskipun tahun ini curah hujan tinggi. 

Harapannya, melalui pelatihan ini masyarakat, kelompok Tani peduli api (KTPA) dan institusi lain di lapangan dapat bersinergi mencegah serta menangani karhutla,” katanya.

Sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla dengan tema “Bersama Kita Bisa Mencegah Karhutla Mewujudakan Muba Bebas Asap” ini melibatkan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di sekitar areal perusahaan, unsur Pimpinan Kecamatan Lawang Wetan, hingga tingkat kabupaten yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com