Honda

Polisi Langsung Bubarkan Pesta OT yang Putar Musik Remix di Payuputat

Polisi Langsung Bubarkan Pesta OT yang Putar Musik Remix di Payuputat

Anggota Polisi membubarkan pesta yang menggelar Orgen Tunggal dengan memutar musik remix di hajatan warga yang berada di Payuputat.-Andri Yanto-Palpres.com

BACA JUGA:Intip Yuk, 9 Kepala Puskesmas dan Bendahara Datangi Kantor Kejari Kota Prabumulih, Ada Apa?

“Anggota kita hanya menemukan identitas korban dan uang tunai Rp15.000,” tambahnya.

Untuk kondisi korban masih dalam perawatan di RS Pelabuhan. “Untuk saat ini korban masih dalam perawatan, setelah dibawa ke rumah sakit, korban pingsan dan belum bisa dimintai keterangannya terkait aksi nekat yang dilakukan korban tersebut,” bebernya.

Ia menghimbau kepada masyarakat bila memiliki masalah atau hal lainnya agar tidak melakukan hal yang aneh-aneh, ataupun nekat mengakhiri hidup dengan berbagai cara seperti hal yang dilakukan korban tersebut.

“Kita harus berpikiran yang positif, apalagi setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Untuk itu kita harus bisa menjaga anggota keluarga kita hingga memberikan hal yang positif dan saling mendukung,” tuturnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira, 96 Juta Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Terima Dana Bansos PKH Cair Februari 2023

Sedangkan upaya untuk mencegah bunuh diri harus dilakukan oleh berbagai golongan, termasuk dari keluarga. Siapa pun, punya peran untuk mencegah terjadinya bunuh diri, termasuk diri sendiri.

Ada beberapa tanda yang umumnya diperlihatkan seseorang saat terlintas pikiran tentang bunuh diri. Berikut beberapa tanda umum, seperti berbicara tentang bunuh diri seperti membuat pernyataan 'Seandainya aku meninggal dunia' atau 'Seandainya aku tidak dilahirkan'.

Kemudian menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri, memiliki suasana hati yang berubah-ubah, disibukkan dengan pikiran tentang kematian, merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

Dilanjutkan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, pola makan dan tidur yang berubah. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri, membereskan urusan-urusan yang belum selesai secara tiba-tiba, mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang di sekitar, dan mengalami kecemasan dan kegelisahan akut.

BACA JUGA:Polres Pagarlam Larang Masyarakat Gelar Orgen Tunggal di Malam Hari

Jika mendapati orang-orang di sekitar memperlihatkan beberapa tanda di atas, segeral lakukan langkah pencegahan. 

“Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan saat seseorang di sekitar terlihat tengah mempertimbangkan upaya bunuh diri,” ungkapnya.

Jangan sepelekan, hal ini tidak boleh menganggap sepele saat seseorang mengungkapkan keinginannya untuk bunuh diri. Ungkapan itu bisa menjadi cara mereka untuk mencari pertolongan.

Bisa saja menganggap bahwa masalah yang mereka hadapi masih terlalu sepele hingga sampai pada keinginan bunuh diri. 

BACA JUGA:Dana Bansos Rp3.000.000 Segera Cair, Pastikan Nomor KIS Kamu Aktif, Cek di Sini

Namun, perlu diingat bahwa cara setiap orang memandang masalah akan saling berbeda satu sama lain. Sebaiknya, dengarkan apa pun yang mereka rasakan tanpa memberi penilaian yang menghakimi.

Kemudian jadi pendengar yang baik, berbicara dengan teman atau orang terdekat bisa sangat membantu untuk melepaskan diri dari tekanan dan masalah yang mendorong upaya bunuh diri.

Cobalah menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang menghadapi masalah. Hindari berdebat dan memberi komentar yang terasa meremehkan. Cukup dengarkan segala keluh kesahnya dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli.

BACA JUGA:DPMPTSP Lahat Beri Waktu 3 Hari ke Perusahaan Rokok Agar Bayar Pajak, Jika Tidak Sanksi Ini Menanti

Bertanya soal keinginan bunuh dirinya, jangan takut untuk membahas topik bunuh diri saat seseorang telah memperlihatkan tanda-tanda. 

Dengan cara itu, bisa memberikan mereka kesempatan untuk terbuka dan memungkinkan menerima pertolongan Anda.

Hal lainnya yakni memberikan saran untuk mencari pertolongan profesional, berbicara memang dapat meringankan beban yang dirasakan.

Namun, hal itu tak akan bertahan lama. Alih-alih hanya menjadi teman bicaranya, dorong juga mereka untuk segera mencari pertolongan profesional seperti psikolog.

Dan selalu temani, jangan dibiarkan sendirian saat seseorang telah memperlihatkan tanda-tanda darurat, akan lebih baik jika Anda tak meninggalkannya seorang diri. Berada seorang diri menjadi kesempatan mereka untuk benar-benar melakukan percobaan bunuh diri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com