Honda

Kedaireka Hadirkan RekaPreneur Format Baru di Palembang

Kedaireka Hadirkan RekaPreneur Format Baru di Palembang

Para narasumber setelah mengisi RekaPreneur Kedaireka bertema Innovate & Collaborate for a Sustainable Future yang digelar 26 Januari 2023 di Aston Hotel, Palembang. -Istimewa-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Setelah sukses dengan berbagai program ekosistem di 2022, kini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud, melalui Kedaireka kembali menggebrak di awal tahun dengan menghadirkan program RekaPreneur sebagai bagian dari Ekosistem Kedaireka yang telah diadakan pada 26 Januari 2023 di Aston Hotel, Palembang. 

RekaPreneur menghadirkan narasumber kompeten dalam membuat proposal kreasi reka, pitching dan negosiasi dengan pihak industri. Selain di Palembang, di awal 2023 ini RekaPreneur juga diadakan di Lombok dan Kupang.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof Nizam menyampaikan bahwa RekaPreneur tahun ini lebih melebarkan sayap dibanding tahun 2022 dengan menambahkan ajang sosialisasi dan promosi Matching Fund Kedaireka 2023 kepada entitas-entitas usaha atau Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di kota terkait agar partisipasi mereka di tingkat daerah lebih meningkat.

BACA JUGA:Tak Dapat PIP, Pelajar Masih Punya Kesempatan Dapat Bansos Pendidikan Rp2.000.000, Cek Syaratnya

“RekaPreneur tahun ini kami fokus meningkatkan partisipasi pihak DUDI di program Matching Fund untuk berjodoh dengan Perguruan Tinggi dan diharapkan dapat terus langgeng agar bisa menghadirkan solusi-solusi yang berguna bagi masyarakat. RekaPreneur tahun 2023 juga memberikan wadah bagi pejabat di daerah terkait untuk memaparkan rencana kerja dan peluang-peluang perjodohan untuk multi-stakeholder. Ini kami lakukan untuk meningkatkan potensi perkawinan yang lebih besar bagi Insan Perguruan Tinggi dengan Mitra DUDI dalam berkolaborasi”, ujar Nizam.

Mengusung tema ‘Innovate & Collaborate for a Sustainable Future’, pemateri yang hadir pada RekaPreneur di Palembang yakni penerima dana Matching Fund tahun 2022 dari Universitas Sumatera Selatan Nirmala Jayanti, SP MSi Ketua Tim Penetapan Parameter Kependudukan dan Pendidikan Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Evi Silviani SKom MM, Wakil Rektor 2 Universitas Sumatera Selatan Ibnu Zainal SE, MSc PhD dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Provinsi Sumatera Selatan Basyaruddin Akhmad, MSc.

BACA JUGA:Tak Dapat PIP, Pelajar Masih Punya Kesempatan Dapat Bansos Pendidikan Rp2.000.000, Cek Syaratnya

Juga hadir pada RekaPreneur 2023 di Palembang ini adalah Ketua KADIN Kota Palembang, Akbar Alfaro Ketua Forum CSR Provinsi Sumatera Selatan, July Rianthony Nata Kusuma dan Kepala LLDIKTI Wilayah 2, Dr Iskandar, MSc.

Mewakili kantor Gubernur Sumatera Selatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Dr Drs H Alamsyah Mpd mengatakan bahwa kehadiran ekosistem Kedaireka menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemanfaatan dan relevansi sekaligus menyelaraskan pengembangan IPTEK di perguruan tinggi dengan pemenuhan kebutuhan atau pemecahan permasalahan DUDI dan masyarakat.

BACA JUGA:Benarkah Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Bernilai Rp100 Juta? Ini Faktanya

“Saya mewakili kantor Gubernur Sumatera Selatan, sangat antusias menyambut hadirnya ekosistem Kedaireka di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, utamanya dalam pengembangan IPTEK di provinsi kami. Kini dengan hadirnya RekaPreneur di kampus kami, saya harap dapat mengakselerasi dan meningkatkan minat, tidak hanya insan akademik, tapi juga pihak industri di provinsi kami untuk dapat berpartisipasi dalam ekosistem kolaborasi inovasi yang kelak menciptakan banyak solusi untuk berbagai tantangan di industri dan masyarakat,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com