Honda

11 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

11 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia

11 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia-kolase-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Indonesia yang mayoritasnya adalah umat muslim tentunya memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan suci ramadan. 

Bulan suci ramadan tentunya sudah di tunggu-tunggu oleh setiap umat muslim tidak hanya di Indonesia saja seluruh dunia pun pastinya sangat menantikan bulan penuh berkah ini.

Dalam tradisi unik menyambut ramadan ini Indonesia punya banyak sekali ragam budaya setiap daerah dalam meyambut ramadan.

Tentu saja berbeda-beda tradisi dalam menyambut ramadan di setiap daerahnya namun semangatnya tetap sama, yakni merupakan bentuk ucap syukur serta kegembiraan umat muslim akan datangnya bulan puasa.

BACA JUGA:Wajib Coba, 10 Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadan 2023, Keuntungannya Besar Lho

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentunya bulan puasa selalu disambut dengan begitu meriah oleh berbagai masyarakat di penjuru Nusantara. 

Perbedaan ragam suku dan budaya tidak menjadi penghalang bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan datangnya bulan suci dengan keunikannya masing-masing, layaknya semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki makna ‘berbeda-beda, tapi tetap satu’. 

Penasaran apa saja tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah Nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Mungguhan

Mungguhan adalah satu kegiatan berkumpul bagi anggota keluarga, sahabat dan bahkan juga teman-teman kita saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian makanan khas untuk kemudian mempersiapkan diri masing-masing dalam menghadapi bulan Ramadhan yang akan datang. 

Tradisi ini adalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. 

Biasanya tradisi ini dilakukan oleh hampir semua golongan masyarakat walaupun dengan cara yang berbeda-beda.

Tetapi intinya tetap satu, yaitu berkumpul bersama sambil menikmati sajian makanan yang disuguhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: