Honda

Ini Lho! Langkah Ketua RT 15 Dalam Mengantisipasi Banjir di Sekip Sidomulya

Ini Lho! Langkah Ketua RT 15 Dalam Mengantisipasi Banjir di Sekip Sidomulya

BERSIHKAN SAMPAH : Ketua RT 15 Sekip Sidomulyo, Kelurahan Pasar Lama membersihkan sampah yang menyangkut di Ayek Apul, Rabu 1 Februari 2023.-Istimewa-

LAHAT, PALPRES.COM - Intensitas curah hujan yang menguyur Kota Lahat dan sekitarnya, dewasa ini masih tergolong tinggi. 

Guna mengantisipasi terjadinya kebanjiran akibat meluapnya Ayek Apul, di lingkungan Sekip Sidomulyo, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Kota Lahat maka Ketua Rukun Tetangga (RT) 15 turun tangan.

"Betul, pemukiman penduduk di RT 15, berdekatan dengan aliran drainase Ayek Apul, sehingga menjadi langganan banjir," sebut Ketua RT 15, Saroni, Rabu 1 Februari 2023.

Saroni menyebutkan, sampah-sampah yang menyebabkan banjir ini memang kiriman dari penduduk lainnya, yang membuang sembarangan sehingga menyumbat.

BACA JUGA:Pemilik KIS Aktif Bisa Dapat 4 Bansos Cair Februari 2023, Segini Besarannya

"Ayek Apul disini cepat sekali naik debut airnya, apabila hujan deras, nah, makanya saya terus pelototi lingkungan disini supaya bersih dari sisa-sisa sampah yang dibuang ke drainase," sebutnya.

Paling tidak, lanjut dia, masyarakat yang ada di sebelah ulu tidak dengan seenaknya sendiri membuang ke dalam drainase.

"Sehingga aliran air pun tersumbat dan tumpah ke kediaman penduduk disini. Disamping itu, sampah tersebut juga bisa mengeluarkan bau tak sedap dan menjadi sarang nyamuk," ulas Saroni.

Saroni menyebutkan, buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

BACA JUGA:Pemilik e-KTP dan KIS Segera Penuhi 9 Syarat ini untuk Dapat Bansos PKH Tahap 1, Begini Caranya!

"Mari kita mulai hidup dengan bersih, sehat, rapi dan teratur agar nantinya didapatkan lingkungan sekitar jauh dari kata jenis sampah apapun, tinggal bagaimana kesadaran diri lebih ditingkatkan," harapnya.

Terpisah, Lurah Pasar Lama, Arleo Gusman SSTP menyampaikan, dirinya begitu mendukung dan mengapresiasi sekali, apa yang telah dilakukan Ketua RT 15 Sekip Sidomulyo.

"Ayo kita contoh apa yang dilakukannya tersebut, agar tidak terjadi banjir sampah pun dibersihkan dan diangkut dan dibuang ke tempatnya," urainya.

Ia meminta, agar sekiranya kepada seluruh masyarakat dan Ketua RW serta RT di lingkungan Pasar Lama, jaga kebersihan lingkungan sekitar termasuk juga dalam rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: