Honda

Operator Siskuedes Dibina Lebih Aktif dan Cekatan, Begini Tugas dan Resikonya

Operator Siskuedes Dibina Lebih Aktif dan Cekatan, Begini Tugas dan Resikonya

Kabid Adm dan Pemdes, Fiji Hadroni SIP Msi didampingi Ketua Forum Kades Kikim Selatan, Bambang Heriadi ST serta jajaran, melakukan pembinaan terhadap operator Siskuedes, Senin 6 Februari 2023.-Pemdes Sirah Pulau-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melakukan pembinaan terhadap operator sistem keuangan desa (Siskuedes).

Hal itu dilakukan agar lebih aktif dan cekatan untuk menyampaikan laporan penggunaan dari dana desa (DD) berikut pencapaiannya, dan paling penting tidak terjadi kesalahan entry.

Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan, Jayus Oktonianto menerangkan, pembinaan ini tentu saja akan membuat operator yang memasukkan data penggunaan keuangan lebih baik lagi.

"Tentunya, dari pembinaan dan bimbingan inilah yang harus diberikan sehingga ketika memasukkan data dan menyampaikan laporan tidak salah input," sebutnya, Senin 6 Februari 2023.

BACA JUGA:Bupati Lahat Ambil Sumpah 177 CPNS jadi PNS, Berikut Formasi yang Diangkat

Dengan demikian, lanjut dia, petugas yang telah diberikan tugas cepat beradaptasi dengan cepat, sehingga dana yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten tepat sasaran.

“Alhamdulillah, pembinaan operator Siskuedes serta rekon Silpa Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2023, akan lebih tepat sasaran dan sesuai target,” harap Jayus Oktonianto.

Senada, Ketua Forum Kades Kikim Selatan, Bambang Heriadi ST mengemukakan, pembinaan sekaligus pelatihan ini amat sangat penting sekali, terutama sekali kepada operator Siskuedes.

“Apabila operator belum memahami cara entry, sebaiknya banyak-banyak bertanya sehingga data-data yang akan dimasukkan tidak terjadi kesalahan, pada akhirnya adanya temuan ketika pemeriksaan,” jelasnya.

BACA JUGA:Rezeki Nomplok! Nonton YouTube Dapat Saldo DANA Gratis Langsung Cair Rp400.000, Begini Caranya

Ia meminta, seluruh kades dapat membantu dan memeriksa pekerjaan dari operator Siskuedes, supaya anggaran yang digelontorkan betul-betul sesuai harapan.

"Termasuk juga dengan dana Silpa APBDes, jangan sampai ada kekeliruan dalam pendataan sebab sedikit saja akan fatal akibatnya," pungkas Bambang Heriadi.

Sementara itu, Kepala DPMD Lahat, Darul Effendi SE Msi melalui Kepala Bidang (Kabid) Administrasi dan Pemerintah Desa, Fiji Hadroni SIP Msi menerangkan, pembinaan ini memang wajib disosialisasikan dan dipelajari oleh operator Siskuedes.

BACA JUGA:Prakerja Gelombang 48 Dibuka, 4 Tipe NIK KTP Bisa Dapat Cuan Rp4.200.000, Cek Syaratnya Disini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: