Honda

Korsleting Listrik Mesin Cat Oven, Bengkel di Palembang Nyaris Terbakar

Korsleting Listrik Mesin Cat Oven, Bengkel di Palembang Nyaris Terbakar

Anggota pemadam kebakaran melakukan pendinginan terhadap mesin Vacum Cat/Cat Oven mobil di dalam bengkel.-Kurniawan-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Sebuah bengkel di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Kota Palembang nyaris terbakar akibat korsleting listrik mesin Vacum Cat/Cat Oven mobil, Selasa 7 Februari 2023 sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolsek SU II Palembang, Kompol Handryanto melalui Kanit Reskrim, Iptu Andrian mengatakan, bahwa kebakaran yang terjadi di bengkel Jernih tersebut akibat korsleting listrik mesin Vacum Cat/Cat Oven.

“Saat itu mesin Vacum Cat /Cat Oven dari informasi pemilik bengkel Jernih Teresiah (58), sedang tidak beroperasi dan kosong kendaraan didalamnya," ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dalam kejadian ini api tidak menjalar ketempat lain, hanya mesin Vacum Cat/Cat Oven saja yang terbakar. "Saat kejadian kebakaran yang terjadi, dari laporan anggota kita di lapangan tidak ada orang di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran," ungkapnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Antisipasi yang Aman dari Bahaya Kebakaran

Kebakaran sendiri diketahui warga setempat yang melihat adanya kobaran api yang telah membesar yang berasal dari mesin cat oven/vacum cat mobil. 

"Dari keterangan warga ke anggota kita, mereka langsung memberitahukan hal itu ke pemilik dan pekerja," tambahnya.

Kemudian mereka berusaha bersama-sama memadamkan api, dengan dibantu petugas pemadam kebakaran sehingga api dapat dipadamkan. 

“Api dapat dipadamkan ketika dibantu mobil pemadam kebakaran, sehingga informasi yang kita dapatkan api tidak menjalar ke tempat lainnya dan hanya mesin cat oven/vacum saja terbakar," jelas dia.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ada Dana Manfaat Rp4.200.000

Dalam kejadian ini lanjut dia mengatakan, tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian material belum bisa ditaksir. 

“Kita pastikan korban jiwa dan untuk kerugian material belum bisa ditaksir atas kebakaran yang terjadi tersebut,” bebernya.

Dirinya menambahkan, bahwa bahaya kebakaran mengintai di mana saja, termasuk di rumah yang tidak ditinggali. Kelalaian penghuni menjadi salah satu penyebab umumnya. Entah lupa mematikan lampu yang berujung konslet atau meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala.

“Sebenarnya, kita bisa mencegah kebakaran rumah dengan melakukan beberapa langkah sederhana,” tuturnya. Diantaranya seperti mematikan alat elektronik, pasalnya penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com