Honda

Sehari Terjadi 2 Kebakaran Lahan di Ogan Ilir

Sehari Terjadi 2 Kebakaran Lahan di Ogan Ilir

Salah satu titik kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Selasa, 7 Februari 2023.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Ilir mulai mengancam keselamatan masyarakat, khususnya bagi warga yang tinggal di dekat lahan kosong yang penuh semak belukar.

Pasalnya, saat ini sudah lebih kurang 10 hektar lahan yang terbakar di Bumi Caram Seguguk, julukan Kabupaten Ogan Ilir. 

Padahal musim kemarau di Ogan Ilir belum terjadi.

Sementara apel kesiapan penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan baru saja digelar oleh Polres Ogan Ilir dan dihadiri Bupati Panca Wijaya Akbar, Kamis 26 Januari 2023 lalu.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ada Dana Manfaat Rp4.200.000

Dalam kesempatan itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman mengatakan, bahwa informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa fenomena El Nino yang dapat menyebabkan iklim Indonesia akan lebih kering dan curah hujan akan cenderung di bawah normal, akan terjadi pada pertengahan tahun 2023 ini di Indonesia. 

Artinya baru akan terjadi pada bulan Juni tahun 2023

"Ya, tadi pagi, Selasa, 7 Februari 2023, terjadi kebakaran lahan yang nyaris membakar rumah penduduk yang tinggal dekat sawah. 

Alhamdulillah tim pemadam kebakaran kita berhasil memadamkan api, hingga tidak membakar rumah warga," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat.

BACA JUGA:Daftar Akun Kartu Prakerja 2023, Alamat Harus Terdaftar di Dukcapil Agar Dapat Dana Manfaat Rp4.200.000

Untuk lahan yang terbakar, pagi tadi Selasa, 7 Februari 2023, terjadi di Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan lebih kurang 2,5 hektar lahan gambut.

"Yang terbakar ada lebih kurang 2,5 hektar, dan kita berhasil memadamkan setengah hektar, jadi adalah sekitar 3 hektar lahan yang terbakar," terangnya.

Tak hanya pagi hari, sorenya sekitar pukul 15.00 WIB, kebakaran lahan juga terjadi simpang Tol KTM Rambutan yang menghanguskan lahan rawa basah seluas lebih kurang 2 hektar.

"Dalam pemadaman api di dua titik hari ini, kita terjunkan satu tim dari BPBD Ogan Ilir yang jumlah orangnya 12 dengan dibantu Manggala Agni dan Dinas Pemadam Pemkab Ogan Ilir, " tutur Edi Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com