Honda

Karhutla Mulai Terjadi, Ini yang Dilakukan oleh Polres Ogan Ilir

Karhutla Mulai Terjadi, Ini yang Dilakukan oleh Polres Ogan Ilir

Personel Humas Polres Ogan Ilir masang spanduk imbauan agar warga tak membuka lahan dan hutan dengan cara membakar-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA.PALPRES.COM - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Ilir mulai terjadi, meskipun musim kemarau belum masuk. 

Karena diprediksi bulan kemarau baru akan terjadi pertengahan tahun 2023.

Untuk itu, pihak Polres Kabupaten Ogan Ilir gencar melakukan sosialisasi Karhutla, seperti dilakukan Humas Polres Ogan Ilir, Rabu 08 Februari 2023.

Humas Polres melakukan kegiatan pemasangan spanduk imbauan, dan talk show di salah satu radio yang ada di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Muncul di Israel, Tiba-tiba Muncul Hewan Ini

Dalam acara talk show ini turun langsung Kasi Humas Polres Ogan Ilir Iptu Abdul Haris didampingi Kasubsi PIDM, Bripka Tito dan Kasubsi Penmas polres Ogan Ilir Aiptu Devi Chandra SH, beserta anggota seksi humas yang lainnya.

"Acara talk show dilakukan untuk mengajak dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat yang ada di Ogan Ilir, untuk tidak melakukan kegiatan membakar hutan atau membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar," paparnya.

Dimana katanya, hal tersebut merupakan perbuatan yang melanggar peraturan pemerintah yang ada di Indonesia dan dapat berdampak bagi kesehatan.

"Perbuatan tersebut dapat dipidana kurungan selama 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp 5 Milyar, sesuai dengan UU RI No 14 tahun 1999 tentang Kehutanan," katanya.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ada Dana Manfaat Rp4.200.000

Ada juga UU RI No 8 tahun 1981 tentang KUHP, UU RI No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, dan UU RI No 39 tahun 2019 tentang Perkebunan.

Selain melakukan talk show, Seksi Humas Polres Ogan Ilir juga telah melakukan pemasangan spanduk dan pembagian stiker imbauan karhutla di beberapa ruas jalan di wilayah Indralaya.

"Dalam hal antisipasi Karhutbunlah ini juga, Polres Ogan Ilir melalui Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman telah membuat tim patroli beat," terangnya.

Hal ini, lanjut dia, khusus bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga situasi Kamtibmas diwilayah polres Ogan Ilir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com