Honda

Lama Dinanti, Penerapan Car Free Day di Pagaralam Masih Tanda Tanya

Lama Dinanti, Penerapan Car Free Day di Pagaralam Masih Tanda Tanya

Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan SIK menyebut penerapan car free day mampu mengurangi polusi udara-Dok Palpres-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Rencana penerapan car free day seperti beberapa tahun lalu mendapat respon positif masyarakat juga satker terkait. 

Rencana Polres Pagaralam melalui Satuan Lalu Lintas mewacanakan car free day di Kota Pagaralam itu akan bernilai positif yang luar biasa.

Salah satu yang merespon positif adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam, Dekky Aprizal SP. Dia menyebutkan, sangat bagus mendukung satu hari bebas berkendaraan. 

Hal itu akan sangat mengurangi dampak polusi atau emisi penggunaan bahan bakar.

BACA JUGA:Angka Kriminalitas Diklaim Turun, Polres Pagaralam Imbau Masyarakat Tak Lengah

“Ya, kita respon positif jika wacana car free day oleh Satuan Lalu lintas Polres Pagar Alam dilaksanakan lagi,” ucapnya.

Wacana tersebut, sebelumnya sudah dilaksanakan di Kota Pagaralam. Dengan adanya program car free day tentunya sebagai bentuk ajakan dan edukasi kepada masyarakat terhadap lingkungan. Salah satunya, mengurangi emisi bahan bakar.

“Mari bersama peduli lingkungan, car free day juga upaya jaga lingkungan, khususnya mengurangi dampak polusi udara,” ucap Dekky seraya mengajak untuk menjadikan Pagaralam sebagai paru-paru Sumsel.

Sementara itu, Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan SIK melalui Kasat Lantas AKP Teguh Hidayat mengatakan jika wacana car free day ini merupakan ide Kapolres. 

BACA JUGA:Kecamatan Dempo Utara Mulai Seleksi 42 Calon Peserta STQ, Ini 3 Kategori Lombanya

“Selain untuk edukasi dampak emisi penggunaan bahan bakar, juga sebagai tempat edukasi tentang keselamatan berlalu lintas,” ucap AKP Teguh Hidayat.

Mengenai rencana tersebut, saat ini baru mulai tahap sosialisasi serta melihat bagaimana respon masyarakat.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Pemkot Pagaralam melalui satker terkait seperti Dinas Perhubungan mengenai skema pelaksanaan car free day yang akan dipusatkan di Alun Alun Utara, Kecamatan Pagaralam Utara,” katanya. 

Diketahui pada masa pemerintahan Djazuli Kuris kawasan Alun-alun Utara pernah dijadikan arena car free day. Saat itu masyarakat menyambut baik dan sangat banyak warga yang mengajak keluarganya menikmati hari Ahad sambil berolahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: