Honda

Cara Dinkes Kabupaten Musi Banyuasin Gencar Jalankan Program Germas, Yuk Intip?

Cara Dinkes Kabupaten Musi Banyuasin Gencar Jalankan Program Germas, Yuk Intip?

Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM-Derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen masyarakat berperan serta dalam upaya memperbaiki kesehatan dengan memprioritaskan promotive - preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. 

Upaya prioritas ini merujuk pada kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pada kegiatan yang bersifat promosi kesehatan, kegiatan pencegahan terhadap masalah kesehatan, kegiatan pengobatan untuk penyembuhan, pengurangan dan pengendalian penyakit.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi, melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi, saat membuka acara Pertemuan Penerapan Kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada Tatanan Perkantoran dan Tatanan Sekolah di Kabupaten Musi Banyuasin, Senin 20 Febuari 2023 di Hotel Gambo dan Residence Sekayu.

Dikatakan Safaruddin, sesuai dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Instruksi Bupati No 243 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Germas di perkantoran dan Sekolah di Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Bukan Isapan Jempol, Koin Rp1000 Kelapa Sawit Ternyata Senilai 3 Unit Yamaha NMAX Baru, Ini Alasannya 

"Atas dasar tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Muba tentunya harus melaksanakan kegiatan Germas yang bertujuan sangat mulia ini. 

Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh organisasi perangkat daerah Muba serta pihak-pihak terkait, untuk memberikan dukungan dan komitmen. 

Agar wajib menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat,"ucapnya. 

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Muba Jonadi SKM MKes menyampaikan, dengan menekankan perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. 

BACA JUGA:BLT Rp900.00 Segera Cair Jelang Ramadan 2023, Pemilik KTP dan KIS Bisa Dapat!

"Adapun tujuan umum Germas yaitu menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik materi kesehatan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit menghindari terjadinya penurunan kualitas penduduk, dan menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan,"bebernya.

Lanjutnya, ada 5 kluster yang harus diterapkan pada Germas diantaranya, peningkatan aktivitas fisik dengan senam bersama, edukasi dan perilaku hidup bersih & sehat, pangan sehat & percepatan perbaikan gizi, deteksi dini penyakit, kualitas lingkungan.

"Semoga dengan adanya pertemuan ini, dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat, serta dapat semakin memantapkan komitmen kita bersama dalam upaya mewujudkan Germas di Kabupaten Muba,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: