Honda

Dana Desa Sudah Cair, Bupati OKU Timur: Gunakan Untuk Pembangunan Daerahnya

Dana Desa Sudah Cair, Bupati OKU Timur: Gunakan Untuk Pembangunan Daerahnya

Bupati OKU Timur Menyerahkan Simbolis Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023, telah dilaksanakan di Balai Rakyat Setda OKU Timur.-Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM- Bupati OKU Timur H Lanosin ST mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) agar menggunakan dana desa untuk pembangunan diwilayahnya.

Hal itu disampaikan Bupati OKU Timur pada kegiatan launching penyerahan Simbolis Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023, di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

Bupati yang akrab disapa Enos ini, menyampaikan setiap dana desa yang cair  harus di kelola dengan baik manfaatkanlan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. 

“Kepada semua kades agar bisa memfaatkan sehingga kemajuan pembanguan Kabupaten OKU Timur kedepan semakin maju,” ujarnya.

BACA JUGA:BLT BPNT Sembako Rp400.000 Cair lewat ATM Maret 2023, Cek Namamu Disini!

Enos juga menekankan kepada semua untuk selalu membangun koordinasi sehingga upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai dengan amanat UU dan sesuai denga

“Alasan kegiatan ini harus di launching karena ini adalah milik negara maka harus diumumkan agar masyarakat tahu bahwa OKU Timur yang terbaik karena pertama kali menyalurkan dana desa,” ucapnya.

Dari jumlah desa di OKU Timur, terdapat 30% posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu Bupati menekankan agar kepala desa untuk segera mengatasinya agar kasus stunting bisa diminimalisir. 

“Kedepannya data-data dasawisma bisa terkumpul dengan baik sebagai landasan dasar kita untuk melaksanakan sesuatu,” harap Enos.

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap 1 dan BPNT Tahun 2023 Cair 3 Bulan Sekaligus, Cek Jadwal Pencairannya

Dalam Kegiatan Launching tersebut H. Rusman selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten OKU Timur juga menyampaikan laporan kegiatan Dana Desa.

“Pagu Dana Desa OKU Timur Tahun 2023 Sebesar Rp. 256.846.091.000,- bagi 305 desa definitif, Tahap 1 Dana Desa Non BLT telah disalurkan sebanyak 221 Desa sejumlah Rp. 54.963.246.750,-, dan Dana Desa untuk bantuan langsung tunai telah proses salur untuk 221 desa sebesar Rp. 5.306.400.000,- serta Sisa 84 Desa baik non BLT ataupun BLT masih proses penyampaian dari desa untuk segera dilaksanakan penyalurannya,” lapor Rusman.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Bupati oleh PT. BPD Bank Sumsel Babel Cabang Martapura atas Peran dan Inisiasi terhadap pembuatan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) berupa Kartu ATM kepada perangkat desa se-Kabupaten OKU Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: