Honda

Waspada, Penyakit LSD pada Ternak Bisa Mematikan Tapi Tak Menular ke Manusia

Waspada, Penyakit LSD pada Ternak Bisa Mematikan Tapi Tak Menular ke Manusia

Petugas Distanak Kabupaten Empat Lawang melakukan pemantauan terhadap serangan penyakit, salah satunya penyakit Lumpy Skin Diseases (LSD) yang menyerang hewan ternak sapi.-Eko Wahyudi-Palpres.com

EMPATLAWANG, PALPRES.COM- Penyakit Lumpy Skin Diseases (LSD) menyerang sejumlah hewan ternak sapi di Kabupaten Empat Lawang,

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Empat Lawang melakukan pemantauan terhadap serangan penyakit yang disebabkan virus pada hewan ternak itu.

Bahkan petugas sudah melakukan tindakan terhadap hewan ternak tersebut dengan mendatangi peternakan yang ditengarai sudah terserang penyakit yang cukup berbahaya bagi hewan ternak sapi ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hendra Lezi melalui Kepala Bidang (Kabid) Perternakan, Rudi Hartono menerangkan, ada sejumlah peternakan sapi milik warga di Kabupaten Empat Lawang, sudah pihaknya datangi.

BACA JUGA:Pedagang Masih Sering Kucing-kucingan, Pol PP Dirikan Pos Terpadu

"Hasilnya, sejumlah ternak sapi mereka itu positif terserang LSD. Bahkan ada yang sudah cukup parah," ungkap Rudi Hartono.

Menurut Rudi, LSD yang menyerang hewan ternak sapi tersebut, cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak yang diserang.

"Meski ada beberapa kasus itu berhasil disembuhkan," katanya.

Ia menambahkan, penyakit LSD memang tidak menular ke manusia, namun dapat menular ke hewan ternak lain yang dapat menyebabkan kerugian bagi para peternak. 

BACA JUGA:HORE! Gaji 13 PNS dan THR 2023 Naik 3,3 Persen, Pencairannya pun Dipercepat, Cek Jadwalnya!

BACA JUGA:Dulu Dibuat Cincin, 2 Koin Ini Kini Diburu Karena Nilainya Tak Masuk Akal, Kamu Punya?

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau kepada para peternak untuk segera melaporkan ke pihaknya jika ada hewan ternak terindikasi terserang LSD.

"Penanganan yang kita lakukan, memberikan obat dan kami imbau, jika ada indikasi sapi terserang LSD, segera pisahkan dari hewan ternak lain, agar tidak meluas," pesannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: