Honda

Kompak, Polres PALI dan Perusahaan Perkebunan Siap Hadapi Karhutlah

Kompak, Polres PALI dan Perusahaan Perkebunan Siap Hadapi Karhutlah

Simulasi Pemadaman Dalam Apel Siaga Karhutlah Tahun 2023 di Kabupaten PALI. -Berry Palpres.com-

PALI, PALPRES.COM - Walaupun saat ini hujan masih kerap mengguyur wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), namun Kebakaran Hutan Lahan (Karhutlah) tetap diwaspadai.

Karenanya, Polres PALI bersama perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten PALI telah bersiaga untuk mengantisipasi karhutlah tersebut.

Seperti dilakukan Polres PALI bersama PT Aburahmi yang menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutlah yang digelar di Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI pada Senin 13 Maret 2023.

Dalam apel yang dipimpin langsung Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin SIk mengatakan, apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutlah tersebut dilaksanakan untuk membangun solidaritas dalam oenanganan jika terjadi karhutlah.

"Jadi, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, memasuki pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau, kita sudah siap menanganinya," kata Kahiru saat memimpin apel.

Ia berharap, setiap instansi dan stakeholder yang tergabung didalam Satuan Tugas (Satgas) karhutlah, dapat memperkuat upaya-upaya pencegahan.

"Kita juga meminta untuk meningkatkan kepedulian dalam upaya pencegahan, sehingga karhutlah dapat diminimalisir," harapnya.

Sementara, GM PT Aburahmi, Juniansyah Sinaga didampingi Manager, Andy Anggoro Prasetyo mengatakan, apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutlah dan simulasi karhutlah itu dilakukan bertujuan agar tim pemadam kebakaran dari PT Aburahmi bisa lebih mempersiapkan diri.

"Dengan apel ini, tim kita bisa mempersiapkan diri dengan baik terhadap potensi kebakaran lahan di areal gambut.

Apalagi, historis siklus kemarau ekstrim setiap empat tahunan terjadi, seperti pada tahun 2015 dan 2019, " katanya.

Juniansyah mengucapkan terima kasih kepada Kapolres PALI yang telah bersedia menjadi komandan dalam Apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutlah tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kapolres PALI dan jajaran dalam mengantisipasi karhutlah sejak dini," ucapnya.

Selain dihadiri langsung Kapolres PALI, GM dan Manager PT Aburahmi, apel kesiapsiagaan karhutlah itu juga dihadiri Kabag Ops Polres PALI Kabag Humas Polres PALI, Kasat Intelkam, Kasat, Reskrim, Kasat Sabhara, Kapolsek Penukal Abab, Camat Abab, BPBD PALI, Koramil404-03 Talang Ubi, Kades Air Itam, staf dan tim pemadam kebakaran dari PT Aburahmi.

Saat apel tersebut juga dilakukan simulasi penanganan dan penanggulangan karhutlah yang dilakukan tim gabungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: