Honda

Basarnas Palembang Segera Naik ke Kelas A

Basarnas Palembang Segera Naik ke Kelas A

Kepala Basarnas pusat, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi didampingi Kepala Kantor Basarnas Palembang, Hery Marantika meninjau langsung Sarana dan Prasarana yang ada di Kantor Basarnas Palembang -Kurniawan-palpres.com

PALEMBANG, PALEPES.COM - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang bakal naik ke Kelas A.

Hal ini tidak terlepas dari jumlah peralatan hingga personelnya, yang sudah masuk dalam kategori Kelas A.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Basarnas Pusat, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Basarnas Palembang yang beralamat di Jalan Akses Bandara SMB II, Kecamatan Sukarami Palembang, Selasa 14 Maret 2023.

“Untuk saat ini Kantor Basarnas Palembang berada di Kelas B, sehingga dengan melihat langsung personel dan peralatan, kelak atau segera naik ke Kelas A,” ujarnya kepada wartawan.

BACA JUGA:Punya Uang Kertas Kuno Ini Bisa Tukar Dengan Motor Baru, Cek Koleksimu!

Namun permasalahannya sekarang, menurut dia, yakni izin dari KemenPAN-RB yang terkadang menjadi kendala,.

“Karena setiap kenaikan kelas harus mempunyai izin dari KemenPAN-RB,” jelas Marsekal Madya TNI Henri.

Terlepas dari itu lanjut dia mengatakan, bahwa kesiapan personel serta peralatan yang dimiliki Basarnas Palembang, sudah sangat siap dan memadai.  

Ia menekankan akan pentingnya meningkatkan kompetensi para rescuer, dimana akan berdampak langsung terhadap kulitas pelayanan serta respontime.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Penerima KPM PKH dan BPNT Dapat Bonus Beras, Ayam dan Telur, Cair Ramadan 2023

“Kita ingatkan kepada para personel Basarnas Palembang untuk selalu menjaga Alut dan peralatan SAR yang dimiliki, agar siap dikerahkan sewaktu-waktu dalam suatu kejadian," tegasnya.

Sekarang, lanjutnya, Basarnas sudah memiliki peralatan canggih yang bisa digunakan untuk menemukan korban di kedalaman air sekitar 30 meter yaitu Aqua Eye dan Garmin Fish finder under water device.

Namun dengan peralatan yang mempuni, Basarnas juga perlu melakukan kerjasama dan sinergitas dengan potensi SAR, guna suksesnya pelaksanaan tugas dan fungsi Basarnas.

Apalagi sekarang ini sudah ada aplikasi QR SAR yang dapat mempercepat response time. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com