Honda

Pengamanan Hari Raya Nyepi 2023, Polda Sumsel Rapatkan Barisan

Pengamanan Hari Raya Nyepi 2023, Polda Sumsel Rapatkan Barisan

Polda Sumsel saat rapat koordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 tahun di ruang rapat Biro ops lantai 4 gedung utama Presisi Mapolda Sumsel Jumat 17 Maret 2023.-Humas Polda Sumsel-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) gelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1945 tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Biro ops lantai 4 gedung utama Presisi Mapolda Sumsel Jumat 17 Maret 2023, dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK diwakili Karo ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin didampingi Wadir lantas Polda Sumsel AKBP Sigit Adi Wuryanto SIK MH.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM melalui Kasubbid Penmas AKBP Yenni Diarty SIK usai menghadiri rapat kordinasi mengatakan, rapat tersebut dengan tujuan mengkoordinasikan langkah langkah yang akan dilakukan dalam pengamanan Hari Raya Nyepi.

Juga dibahas terkait Harkamtibmas sehubungan umat Muslim, yang juga akan mengawali bulan puasa Ramadan 2023 dan memulai Salat Tarawih pertama.

BACA JUGA:REZEKI NOMPLOK! Uang Kuno Rp100 Kapal Pinisi Dihargai 10 Motor

Disamping itu juga Polda Sumsel beserta satwil jajaran  telah menyiapkan langkah langkah pengamanan, dan menerima masukan dari para stakeholder terkait dalam menyempurnakan upaya pengamanan dan berkaitan dengan kesiapsiagaan personel Polda Sumsel jajaran Polres/Tabes  maupun Polsek jajaran.

“Hal ini dilakukan bilamana ada hal yang perlu dikomunikasikan dan merespon kecepatan laporan masyarakat agar menggunakan Banpol Layanan Aplikasi pesan Whatsapp 0813-70002 -110 insya Allah kita respon cepat,” ujarnya, Sabtu 18 Maret 2023.

Untuk Kegiatan Melasti di wilayah, lanjutnya, agar dilaksanakan pengamanan dari Kepolisian dan bersinergi dengan Pecalang agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar dan tertib.

Sementara itu Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin menyampaikan terkait metode pengamanan rangkaian kegiatan masyarakat menyambut hari Raya Nyepi yaitu Melasti, Pengerupukan dan Perayaan Nyepi. agar surat imbauan dari Kementerian Agama dan PHDI terkait perayaan Nyepi dilaksanakan secara bersama sama.

BACA JUGA:Gak Nyangka! Koin Rp50 Komodo Dihargai Jutaan Rupiah, Kamu Punya?

Dia memberikan masukan bahwa agar mengedepankan Sipandu Beradat, dalam langkah pengamanan rangkaian hari Raya Nyepi. 

“Untuk persiapan kegiatan melasti, hendaknya berkoordinasi dan menyiapkan pemangku untuk melayani masyarakat  yang akan Melasti di wilayah jajaran kita,” katanya.

Sedangkan kegiatan pengarakan Ogoh-Ogoh dapat dimulai setelah selesai kegiatan Pecaruan di masing-masing tempat, agar diatur dengan tertib atau menyesuaikan.

Diakhir kegiatan Kàro Ops menambahkan agar melakukan langkah langkah preventif terkait kegiatan rangkaian ibadah agar diimbau untuk menjaga Harkamtibmas, sehingga tidak menimbulkan gangguan dalam peribadatan.  *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel