Honda

Gawat! Sapi Warga di Ogan Ilir Terjangkit Penyakit Kulit LSD

Gawat! Sapi Warga di Ogan Ilir Terjangkit Penyakit Kulit LSD

Vaksinasi yang dilakukan terhadap sapi warga terjangkit penyakit-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COMSapi dan Kerbau warga di Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat ini diketahui terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit kulit Lumpy Skin Disease (LSD).

Sebagai langkah antisipasi, Senin 20 Maret 2023 ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskpperta) Ogan Ilir akan menggelar pengobatan massal.

Pengobatan masal ini dilakukan bagi peternak Kerbau dan Sapi yang ada di Bumi Caram Seguguk, demikian julukan Kabupaten Ogan Ilir. 

"Rencana pengobatan massal kita gelar hari Senin tanggal 20 Maret 2023 dan Selasa 21 Maret 2023, di Kecamatan Tanjung Batu," ujar Abi Bakrin Sidik, Kepala Diskpperta Ogan Ilir, pada palpres.com, Minggu 19 Maret 2023.

BACA JUGA:Viral! Uang Kertas Rp 500 Tahun 1992 Gambar Orang Utan Ini Dihargai Rp99.750.000

Dikatakannya, bahwa pengobatan masal ini baru tahap awal di lakukan di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

"Rencana tahap pertama sebelum bulan puasa, kita target di dua desa dulu yaitu Desa Tanjung Laut dan Desa Sri Bandung," katanya.

Menurutnya, untuk pengobatan pada hewan ternak khusus kerbau dan sapi, sebelumnya sudah sangat rutin dilakukan pihaknya.

"Ini sebenarnya sudah rutin dilakukan, tapi karena sekarang ada penyakit LSD maka kita harapkan untuk Ogan Ilir dapat terbebaskan dari penyakit tersebut," terangnya.

BACA JUGA:BLT PKH dan BPNT Sembako 2023 Belum Cair, Cukup Lakukan 3 Hal Ini

Untuk masalah penyakit PKM katanya, sudah teratasi, sedangkan LSD sudah ada beberapa hewan ternak yakni sapi warga yang terjangkit.

"Karena itu, kita lakukan pengobatan masal ini. 

Alhamdulillah untuk PKM sudah teratasi, tinggal lagi LSD ini. 

InsyaAllah segara teratasi, dan kedepan baik sapi dan kerbau terbebas dari penyakit tersebut," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com