Honda

Buka Kegiatan Penelitian Kompolnas RI, Irwasda: Peran Strategis Pengawasan Internal

 Buka Kegiatan Penelitian Kompolnas RI, Irwasda: Peran Strategis Pengawasan Internal

Irwasda Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya SIK MH MSI saat membuka penelitian oleh Kompolnas Republik Indonesia (RI) di Mapolda Sumsel, Senin 20 Maret 2023.-Humas Polda Sumsel-palpres.com

PALEMBANG, PALRPES.COM - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK diwakili Irwasda Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya SIK MH MSI didampingi ketua Tim Kompolnas RI Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar MM membuka penelitian oleh Kompolnas Republik Indonesia (RI) di Mapolda Sumsel, Senin 20 Maret 2023.

“Kita ucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penelitian Kompolnas Ri beserta rombongan di Palembang Bumi Sriwijaya, dengan harapan tim dan rombongan merasa nyaman selama melaksanakan tugas dijajaran Polda Sumsel,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa kegiatan penelitian ini akan difokuskan pada sistem pengawasan Internal di lingkungan Polri pada umumnya, dan Polda Sumsel pada khususnya 

Tujuannya, untuk mendalami sejauhmana peran pengawas Internal membangun kepercayaan masyarakat.

BACA JUGA:Viral! Uang Kertas Rp 500 Tahun 1992 Gambar Orang Utan Ini Dihargai Rp99.750.000

“Pengawasan internal pada saat ini secara umum dilaksanakan oleh Itwasda ditangkap Polda dan Siswadi pada tingkat Polres jajaran kita, yang memiliki peran strategis sebagai koordinator bagi fungsi pengawasan,” katanya.

Untuk pengawasan internal pada saat ini, menurut dia, belum maksimal.

Sehingga dalam melaksanakan sistem pengawasan internal serta belum berorientasi pada pencegahan, namun lebih bersifat reaktif ketika sudah terjadi penyimpangan.

“Kita mengharapkan kepada seluruh satker di jajaran Polda Sumsel untuk memanfaatkan momentum kegiatan penelitian ini, guna memperbaiki semua kekurangan, ataupun kelemahan dalam pengawasan internal,” tambahnya.

BACA JUGA:Gokil! Ada Koin yang Harganya Setara Rumah, Kok Bisa?

Menurutnya, Tim Penelitian Dari Kompolnas RI yang hadir akan melaksanakan kegiatan wawancara untuk mengetahui sistem, mekanisme, metode dan peranan pengawas internal.

Hal ini dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penolakan kinerja Polri, hingga ke jajaran Polda Sumsel. 

“Tujuan dari kegiatan kita ini untuk memberikan masukan dalam merumuskan kebijakan Polri, sehingga dapat diperbaiki kinerja intitusi Polri pada masa mendatang,” bebernya.

Kedepannya diharapkan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Tim Kompolnas RI dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi pengemban fungsi pengawas, untuk meningkatkan kepercayaa masyarakat terhadap institusi Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel