Honda

Salat Jumat di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel, Khotib Kupas Hikmah dan Manfaat Berpuasa

Salat Jumat di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel, Khotib Kupas Hikmah dan Manfaat Berpuasa

Anggota Bid Humas berfoto bersama dengan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain, di sela-sela Salat Jumat, di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel KM 4 Palembang Jumat 24 Maret 2023.-Humas Polda Sumsel-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Di hari kedua Ramadan 1444 Hijriah, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK M Si bersama PJU Polda Sumsel serta para pesonel Satker Polda Sumsel dan masyarakat menggelar Salat Jumat di Masjid Assaadah Mapolda Sumsel KM 4 Palembang Jumat 24 Maret 2023.

Dalam khutbahnya Khotib Ustad H Abdul Rozak MD menyebutkan, setiap perintah Allah SWT dan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW pasti memiliki hikmah dan manfaat yang dapat manusia peroleh.

Bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah, namun juga dapat dirasakan manfaatnya bagi yang menjalankan. 

"Termasuk ketika kita menjalankan ibadah puasa, maka akan ada manfaat yang dapat kita peroleh. 

BACA JUGA:Ini 6 Daerah Paling Miskin di Provinsi Lampung, Daerahmu Ada?

Tentu saja hikmah apa yang dijalankan setiap orang akan berbeda-beda, namun dalam menjalankan-nya ada beberapa hal yang kita rasakan bersama,” ujarnya.

Hal ini disampaikan dalam hadis sebagai berikut,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ مَا شَاءَ اللَّهُ يَقُولُ اللَّهُ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amal anak Adam akan dilipat gandakan, satu kebaikan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kebaikan sekehendak Allah, Allah berfirman, “Kecuali puasa, puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia tinggalkan makan dan minumnya karena Aku.

BACA JUGA:Punya 3 Uang Kertas Kuno Ini, Bisa Beli 9 Honda Beat Keluaran Terbaru Buat Lebaran 1444 H Nanti!

Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kebahagiaan, satu kebahagiaan ketika tiba waktu berbuka, dan satu kebahagiaan lagi ketika berjumpa dengan Rabbnya. 

“Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari bau minyak kesturi. (HR Ibnu Majah),” ujarnya dihadapan jamaah Salat Jumat Masjid Assaadah Mapolda Sumsel dengan qori dan muadzin Ahmad Qosim S,Pdi.

Untuk itu, menjalankan ibadah puasa sunnah tentunya sebagaimana hadis di atas, akan mendapatkan banyak sekali kebaikan, termasuk mampu menahan diri dan kebahagiaan lainnya yang dapat dirasakan oleh ummat islam yang menjalankannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hikmah dari menjalankan ibadah puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel