Honda

Mengintip Aktivitas Seru Warga Palembang Saat Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Mengintip Aktivitas Seru Warga Palembang Saat Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Mengintip Aktivitas Seru Warga Palembang Saat Menunggu Waktu Berbuka Puasa-Foto: Nazwa Nur Hidayah-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Waktu berbuka puasa adalah moment yang paling di tunggu umat islam yang sedang menjalankan ibadah berpuasa.

Sembari menunggu adzan Maghrib, sebagian masyarakat banyak melakukan aktivitas seru atau lebih dikenal dengan ngabuburit.

Umumnya waktu ngabuburit dihabiskan dengan membeli takjil atau cemilan untuk berbuka puasa.

Berbeda dengan masyarakat Kota Palembang khususnya warga Kelurahan Sei Lais, Kecamatan kalidoni Palembang melakukan hal baru dalam menunggu adzan Maghrib yaitu dengan memancing di dermaga Sei Lais, Kecamatan Kalidoni Kota Palembang.

BACA JUGA:Waspada Penyakit Hati, Ustaz Abdul Somad: Dosanya Hapus Amal Ibadah

Warga setempat melalukan aktivitas memancing dengan alasan tidak ada kerjaan sembari menunggu waktu adzan Maghrib seperti yang di lakukan salah satu warga yang memancing di dermaga tersebut.

“Saya memancing  untuk mengisi waktu luang saja, karena tidak ada kerjaan di rumah sambil menunggu adzan Maghrib. Jika kami di sini dapat ikan ya alhamdulillah bisa di bawa ke rumah untuk di masak” kata salah satu pemancing yang di temui saat memancing di dermaga Sei lais, Agus, Senin, 3 April 2023.

Agus menjelaskan ada banyak jenis ikan di sungai tersebut antara lain Ikan Remajang, Ikan Seluang, Ikan Gabus, Ikan Sepat, Ikan Bilis, Ikan Sepatung, kan Coli dan jenis ikan lainnya.

"Jenis-jenis ikan tersebut merupakan ikan lokal yang sering di jumpai warga setempat dan tak sedikit warga memanfaatkan hewan sungai tersebut sebagai makanan sehari-hari. Seperti pempek, kelempang/kerupuk dan masih banyak makanan dari bahan ikan lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:Kajian Ustadz Adi Hidayat, Baca Doa Ini Setiap Malam Ramadan, Semua Dosamu Akan Diampuni Allah SWT

Hasil pantauan, masyarakat setempat memanfaatkan tempat yang ada untuk waktu luang, selain memancing banyak warga mulai dari anak-anak remaja sampai dewasa yang duduk santai di sore hari sembari melihat kapal-kapal besar yang lewat membawa minyak dan batu bara dari berbagai kota hingga kota yang ingin di tuju.

Ada juga kapal pinisi bertugas membawa bahan baku makanan rumah tangga ke berbagai daerah sehingga melewati dermaga dan warga setempat pun bisa melihat indahnya jembatan ampera dari jauh.

Seperti yang dikatakan remaja yang sedang bersantai di dermaga tersebut. Ia mengaku, pemandangan di sore hari ketika matahari mulai berbenam memang sangat bagus dilihat dari pinggir dermaga.

"Biasanya saya sepulang sekolah sering duduk di dermaga bersama teman-teman saya untuk menenangkan pikiran sebentar, sambil berfoto-foto sampai kami tak sadar bahwa hari sudah sore," terang salah seorang remaja yang sedang duduk di dermaga tersebut, Syifa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: