Honda

Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Lahat dan Forkompimda Bahas Item Ini

Sambut Idul Fitri 1444 H, Pemkab Lahat dan Forkompimda Bahas Item Ini

Rapat yang dipimpin Sekda Lahat membahas persiapan jelang Hari Raya 1444 Hijriah-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Dalam rangka mewujudkan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah yang aman tertib dan nyaman bagi masyarakat Kabupaten LAHAT, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) LAHAT gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dengan membahas ketersediaan bahan pokok, arus mudik dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Chandra SH MM mengatakan, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling dinanti umat muslim di seluruh Dunia, tak terkecuali di Kabupaten Lahat.

"Antusiasme menyambut lebaran biasanya diikuti dengan melonjaknya mobilitas, dan permintaan kebutuhan masyarakat, seiring tradisi dalam menyambut perayaan hari Lebaran," sebutnya, Rabu 12 April 2023.

Untuk itu, sambung dirinya, ada beberapa permasalahan yang mungkin akan dihadapi menjelang Hari Raya Idul Fitri dan tentu saja harus diwaspadai.

BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Edukasi Safety Riding Bersama HPCI

"Diantaranya peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat, sekaligus kecenderungan peningkatan harga," ungkap Chandra.

Chandra menerangkan, termasuk potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas (lalin), peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban masyarakat, faktor cuaca ekstrem dan masih banyak yang harus diwaspadai.

"Kami sebagai Pemkab berharap untuk mengidentifikasi isu dan permasalahan sejak dini, guna mengantisipasi serta mempersiapkan situasi dan kondisi mendatang," terangnya.

Untuk itu, ia meminta semua pihak agar untuk mematangkan rencana serta melaksanakannya dengan baik, sesuai tupoksi masing-masing.

BACA JUGA:Bantu Masyarakat Sekitar Perusahaan, Seperti Ini CSR PT LDP

"Sehingga perayaan Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan terkendali," tegas Chandra.

Senada, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengemukakan, pihaknya akan siap memberikan bantuan kepada pemerintah, termasuk juga berpartisipasi dalam proses keamanan serta kenyamanan selama berlebaran.

"Untuk itulah, personel Kodim 0405/Lahat siap membantu anggota lainnya, terlebih lagi di masing-masing posko," tutupnya.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Opsroom Pemkab Lahat ini nampak dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat, Chandra SH MM, Kepala Pengadilan Negeri Lahat, Dandim 0405/ Lahat, Kapolres Lahat, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: