Honda

Jelang Lebaran Daging Sapi Tembus Rp140 Ribu/Kilogram, Ini Penyebabnya

Jelang Lebaran Daging Sapi Tembus Rp140 Ribu/Kilogram, Ini Penyebabnya

Salah satu Pedagang Daging di Pagaralam, dimana harga daging jelang Idul Fitri mulai merangkak naik-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar yang ada di Kota Pagaralam mulai naik.

Seperti daging sapi, saat ini melambung hingga menembus Rp140 ribu per kilogram.

Yayan (28), pedagang daging sapi di pasar Eks Seghepat Seghendi mengatakan, menjelang lebaran ini harga jual daging sapi Rp140 ribu/kg.

"Menjelang lebaran setiap tahun biasanya warga banyak yang membeli daging, meskipun harganya mengalami kenaikan,” kata Yayan, Kamis 13 April 2023.

BACA JUGA:Pelemparan Bus di Muratara Hoax, Penyebar Video Minta Maaf

Kenaikan harga daging sapi, kata dia, itu tergantung banyak atau tidaknya persediaan pasokan daging dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang ada, sementara harga seekor sapi memang terus mengalami kenaikan.

“Kita tidak menaikkan harga daging sapi secara sepihak, tapi memang persediaannya sedikit di sejumlah rumah potong hewan,” ujarnya.

Hal  serupa dikatakan Ismawati, pedagang lannya, menjelang lebaran kali ini memang pasokan daging sapi tergolong belum banyak, sementara harganya memang sudah naik, hingga berpengaruh kepada pembeli seperti saat ini.

"Kami juga bingung dengan adanya kenaikan harga daging, namun ini mungkin karena banyak yang belum memotong sapi untuk dijual.

BACA JUGA:Amankan Objek Wisata, Polres Pagaralam Dirikan 7 Pos Pengamanan

Mungkin sehari atau dua hari sebelum lebaran stok akan banyak," kata dia.

Kendati demikian, kenaikan harga bukan akal-akalan pedagang tetapi memang pasokan yang ada di rumah potong hewan jumlahnya sedikit.

Itupun tergantung banyak tidaknya pesanan dari para penjual daging yang ingin menjual kembali.

“Kalau mau memesan daging sapi di rumah potong hewan, para pedagang setidaknya berjumlah 4 orang bekerja sama untuk membeli satu ekor sapi agar RPH mau melakukan pemotongan,” cetusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: