Honda

Siaga SAR Khusus Lebaran, Basarnas Sumsel Kerahkan 89 Personel

Siaga SAR Khusus Lebaran, Basarnas Sumsel Kerahkan 89 Personel

Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika, S.H., M.Si saat memasang tanda Siaga SAR Khusus pada personel Basarnas, dalam apel di halaman Gedung utama Kantor Basarnas Sumsel, Jumat 14 April 2023. -Basarnas,-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Basarnas Sumsel melaksanakan Pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023.

Dalam siaga khusus tersebut, diturunkan 89 orang personel yang akan bertugas, baik di Kantor SAR, Kapal, Pos SAR dan Unit Siaga SAR.

Demikian dijelaskan Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika, S.H., M.Si saat diwawancarai langsung oleh awak media usai pelaksanaan Apel Siaga SAR Khusus di halaman Gedung utama Kantor Basarnas Sumsel, Jumat 14 April 2023.  

Menurut Hery, Kamis 13 April 2023 kemarin, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henry Alfiandi membuka langsung siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H secara daring

“Hari ini kita telah memasuki masa penyelenggaraan Angkutan Mudik Lebaran Tahun 2023/1444 H, dimana tahun ini diperkirakan terdapat 123,8 juta warga masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas perjalanan mudik ke kampung halaman dengan moda transportasi darat, laut, dan udara. 

Jumlah pemudik ini diperkirakan akan meningkat sebesar 44,79 % dibanding lebaran pada tahun sebelumnya.

“Lebaran tahun ini akan ramai pengendara hilir-mudik, karena akan melaksanakan tradisi pulang kampung, maka dari itu kita harus meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kita harus Quick Respon dan kompak dalam tugas Kemanusiaan ini, agar para masyarakat merasa aman di dalam perjalanan” kata Kepala Basarnas Sumsel Hery Marantika, S.H., MSi.

Basarnas Sumsel menggelar Spel Siaga Khusus, lanjutnyam dengan tujuan memastikan kesiapan personel, sarana, dan prasarana, serta peralatan SAR yang digunakan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H. 

“Personel akan disiagakan baik itu di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, serta para personil melaksanakan mobile ke jalan tol untuk memonitor langsung kondisi arus jalan yang ramai  para pemudik. 

Basarnas sumsel juga menyiagakan sarana dan prasarana serta peralatan SAR yang ada, antara lain 2 unit RIB (Rigit Inflatable Boat), rescue car, rescue carrier, rescue car compartement, rescue truck compartement, ATV big patrol, rubber boat, dan peralatan SAR lainnya,” paparnya.

Ditambahkan Hery, Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023/1444 H, dilaksanakan selama 21 hari, mulai 13 April 2023 sampai 03 Mei 2023 dan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 15 April sampai 01 Mei 2023.

“Personil dibagi tugasnya dalam pengamanan dan pemantauan arus mudik di titik rawan kemacetan dan kecelakaan, serta pengamanan objek wisata, khususnya wisata air dan gunung yang ada di wilayah Sumatera Selatan. 

Siaga SAR Khusus Basarnas sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam kegiatan evakuasi dan penanganan medis darurat, baik korban kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia yang tidak dapat di prediksi kejadian tersebut,” ungkap Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: basarnas