Honda

Ukur Ulang Jembatan Penghubung Antar Dusun, Ada Apa Ya?

Ukur Ulang Jembatan Penghubung Antar Dusun, Ada Apa Ya?

Jembatan penghubung antar dusun yang nyaris ambruk akibat banjir di Lahat, jembatan ini segera diperbaiki-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Jembatan penghubung dusun 2 dan 3, di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten LAHAT yang nyaris ambruk, dan oleh masyarakat diperbaiki dengan cara bergotong royong supaya tetap berdiri kokoh, walaupun hanya kendaraan sepeda motor bisa melintas.

Kini, kondisinya sudah berbeda, yang mana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), turun ke lokasi dengan mengukur ulang bangunan dimaksudkan.

Kepala Desa (Kades) Lubuk Selo, Ahmad Yaumal membenarkan, bahwasanya perwakilan dari Dinas PUPR Kabupaten Lahat sudah turun ke lokasi jembatan untuk diukur kembali.

"Alhasil, setelah dilakukan pengukuran untuk panjang 11 meter, sedangkan lebar dan tinggi tiang pengaman masing-masing 5 meter," sebutnya, Jumat 14 April 2023.

BACA JUGA:4 Kota Paling Maju di Provinsi Sumatera Utara, Medan Jelas Juaranya

Dirinya menambahkan, dengan telah diukur kembali, berarti akan ada pembangunan jembatan penghubung baru, tentunya dengan konstruksi yang kuat.

"Alhamdulillah, bangunan yang sudah lama ini pada akhirnya bakal dibangun dari nol.

Terlebih lagi, akses ini merupakan satu-satunya menghubungkan dua dusun dengan cepat," ulas Ahmad Yaumal.

Ahmad Yaumal menerangkan, ada jalan alternatif hanya saja, harus memutar dan pastinya menghabiskan waktu, baik untuk beraktifitas ke kebun atau ke rumah sanak keluarga.

BACA JUGA:Segini Lho Besaran THR ASN, Bupati dan Anggota DPRD Lahat, Simak Yuk

"Makanya, sementara waktu ini sepeda motor bisa melintas, sedangkan roda empat wajib memutar daripada ambruk," paparnya.

Ia berharap, agar kiranya apabila nanti ada pembangunan jembatan akibat bencana alam ini, masyarakat dapat ikut berpartisipasi membantu dari segi pengerjaan, sehingga roda pemerintahan serta perekonomian berjalan sebagaimana mestinya alias normal.

"Saya selaku kades dan atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) mengucapkan terima kasih, atas perhatian dari Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Wakil Bupati (Wabup), H Haryanto SE MM MBA telah memperbaiki akses jembatan tersebut," tegas Ahmad Yaumal.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Lahat, Mirza Azhari ST MT menerangkan, pihaknya telah menurunkan petugas ke lokasi jembatan yang nyaris ambruk, akibat bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: