Honda

Waduh, Ada Pasar Tumpah di Jalinteng Empat Lawang Bisa Berpotensi Hambat Pemudik

Waduh, Ada Pasar Tumpah di Jalinteng Empat Lawang Bisa Berpotensi Hambat Pemudik

Pasar tumpah yang dipenuhi pedagang bisa berpotensi menghambat pemudik-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM- Memasuki H-3 arus mudik mulai memadati Jalan Lintas Tengah, kendaraan truk  dan bus terlihat mendominasi jalan. 

Pasar tumpah di sepanjang jalur ini pun terlihat cukup menganggu arus mudik yang mulai padat.

Di sepanjang Jalinteng tercatat beberapa titik pasar tumpah yang harus diwaspadai oleh para pemudik khususnya kendaraan yang melintas pada pagi hari hingga siang hari.

Kemungkinan kepadatan akan mulai sangat terasa pada tiga hari lebaran ini, dan puncaknya sekira hari Kamis atau Jumat.

BACA JUGA:Pasar Tumpah Picu Macet Panjang di Jalintim Indralaya

Untuk wilayah Empat Lawang keberadaan Pasar Tebingtinggi yang berada di tengah-tengah kota tercatat paling padat di antara pasar lainya. Namun, beruntung sudah ada jalan lingkar yang tidak melintasi pasar sekarang.

Di jalur Lahat – Pagaralam hingga ke perbatasan Provinsi Bengkulu, keberadaan pasar Simpang Tiga Kecamatan Muara Pinang dan Pasar Pendopo Kabupaten Empat Lawang juga sangat menganggu para pemudik menjelang lebaran. Juga di Simpang Tiga Pasar Padang Tepung di Kecamatan Ulu Musi.

Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi, Kasatlantas Polres Empat Lawang AKP Desi Azhari mengakui butuh penanganan dari pihak petugas baik dari Kepolisian maupun Dinas Perhubungan.

Ia menekankan para pengendara juga harus mewaspadai pasar tumpah di sepanjang jalur ini, para pemudik juga harus mewaspadai sejumlah jembatan tua yang ada di wilayah ini.

BACA JUGA:Polsek Tanah Abang Sidak Pasar Kalangan, Ini Hasilnya

Seperti jembatan di Desa Bunga Mas, Sungai Laru, jembatan kembar di kawasan Kikim Barat dan Tebingtinggi, Empat Lawang. Begitu juga dengan sejumlah jembatan yang ada di jalur Lahat-Pagaralam – Empat Lawang hingga menuju perbatasan Bengkulu.

"Sebaiknya memang ada petugas khusus untuk mengatasi kemacetan lalu lintas terutama di pasar-pasar tumpah yang ada di sepanjang jalan ini," kata Siregar, sopir bus tujuan Medan – Jakarta ketika beristirahat di sebuah rumah makan di Tebingtinggi.

Meski jalan di Jalinteng saat ini relatif baik, namun beberapa titik rawan kecelakaan seperti rawan longsor, tikungan tajam perlu menjadi perhatian serius para pengendara di jalur ini.

Sementara itu sejumlah daerah yang diprediksi rawan longsor adalah sejumlah wilayah di Kecamatan Tebing Tinggi, Empat Lawang dan di perbatasan Talang Padang-Pendopo serta beberapa titik di Lintang Kanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: