Honda

Sampah Berserakan di Lokasi Objek Wisata, Kok Bisa!

Sampah Berserakan di Lokasi Objek Wisata, Kok Bisa!

Tumpukan sampah berserakan di seputaran lokasi Objek Wisata di Kota Pagaralam-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Moment libur panjang lebaran 1444 Hijriah tahun ini dimanfaatkan oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar Kota Pagaralam untuk mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Kota Pagaralam, seperti Objek Wisata Kebun Teh, Tugu Rimau, Curup Embun, Curup Mangkok dan tempat wisata lainnya.
 
Informasi yang dihimpun menyebutkan, sejak hari kedua lebaran ruas jalan sudah mulai dipadati kendaraan roda dua maupun roda empat oleh para pengguna jalan yang hendak menuju objek wisata favorit mereka.
 
Tak sedikit dari mereka yang datang tidak hanya untuk menikmati indahnya pemandangan Kota Pagaralam, melainkan ingin merasakan nikmatnya makan-makan bersama di sela-sela berlibur dengan membawa bekal dari rumah dan menggelar tikar di tempat wisata tersebut.
 
Akan tetapi, pemandangan miris yang terpantau di lapangan, tepatnya di Objek Wisata Landing atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan tangga 1000.
 
 
Pasalnya, kepedulian wisatawan terhadap kebersihan masih sangat minim, mereka masih membuang sampah sembarangan meski di beberapa tempat sudah disediakan tempat sampah.
 
Tak ayal, jika indahnya pemandangan setempat menjadi berubah dan menimbulkan bau tak sedap akibat sampah yang dibuang sembarangan dan dibiarkan berserakan terutama sampah plastik baik dari makanan instant maupun bawaan wisatawan (pengunjung).
 
Ansar (30) salah seorang pengunjung asal Kota Pagaralam sangat menyayangkan sikap para pengunjung objek wisata yang masih belum perduli terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
 
"Seharusnya mereka (pengunjung) membuang sampah ke tempat yang telah disediakan oleh Pemkot setempat, atau membawa kembali sampah mereka masing-masing dengan dibungkus di plastik dan dibuang pada tempatnya," ungkapnya, Selasa 25 April 2023.
 
 
Ia mengatakan, semua berharap mendapatkan kenyamanan dan merasakan keindahan kala mengunjungi beberapa tempat wisata.
 
"Namun, jika objek wisata tersebut dikotori oleh para pengunjung yang tidak bertanggung jawab, maka bukan tidak mungkin pengunjung lain akan merasa tidak nyaman atau betah bahkan enggan datang," tukasnya.
 
Wahyu, pengunjung di seputaran kawasan wisata Gunung Dempo mengatakan, seharusnya tong atau sampah diperbanyak di tempat wisata, jadi wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.
 
"Disediakan tong sampah saja orang masih buang sembarangan, apalagi kalau tidak ada tong sampah,"
kata dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: