Honda

Sah, Lubuk Mabar Berstatus Desa Mandiri, Ini Program Kerjanya!

Sah, Lubuk Mabar Berstatus Desa Mandiri, Ini Program Kerjanya!

Program kerja Desa Lubuk Mabar yang telah ditetapkan sebagai Desa Mandiri 2023-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Penjalang Suku Empayang Kikim Saling Ulu (Pseksu), Kabupaten Lahat kini telah berstatus sebagai desa mandiri, setelah hasil penginputan menyatakan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Desa.
 
Nah, sebagai program kerja pertama yang harus ditunaikan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Mabar, yakni memajukan sektor pariwisata, yang mana potensial sangat mumpuni guna mendukung sebagai Desa Mandiri.
 
"Tinggal kita memajukan sektor wisata, diantaranya religius, air, dan hutan, kesemuanya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sekaligus memberdayakan masyarakat desa kita sendiri sehingga ada tambahan penghasilan bagi masyarakat," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Selasa 25 April 2023.
 
Yeni Fitriana mengemukakan, pada titik objek wisata tersebut, nantinya masyarakat akan membuka usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
 
"Mulai dari hasil kerajinan tangan, maupun makanan, disamping itu kita akan membangun pasar di Kecamatan Pseksu dipusatkan di Desa Lubuk Mabar," jelasnya.
 
Dari keseluruhan, lanjut dia, disebutkan diatas itulah sebagai tolak ukur bagi kemajuan desa, dalam upaya meningkatkan pendapatan dari berbagai sektor.
 
"Secara tidak langsung, kalau sudah mendapatkan status Desa Mandiri, bantuan dari pemerintah pun nantinya akan berkurang, karena sudah wajib mencari pendapatan sendiri," ungkap Yeni Fitriana.
 
Yeni Fitriana mengemukakan, guna menyukseskannya tidak terlepas dari kerjasama, kekompakan, kebersamaan serta kekeluargaan dari seluruh penduduk desa termasuk juga pemerintah kecamatan.
 
 
"Kita sebagai ujung tombak, tentu saja masih membutuhkan hal-hal yang bisa membuat kemajuan desa semakin baik.
 
Selain itu, setelah langkah awal berjalan sukses, maka akan diikuti dengan program lainnya," pungkasnya.
 
Terpisah, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, pihaknya tentu saja sangat mengapresiasi sekali, hasil kerja keras yang ditunjukan Pemdes Lubuk Mabar.
 
"Tentu saja, dengan kini berstatus Desa Mandiri, akan semakin mudah dalam melakukan pengelolaan maupun mendapatkan pemasukan, dari potensi sumber daya alam (SDA) serta sumber daya manusia (SDM)," ulasnya.
 
 
Pendek kata, sambung dia, pasti bukan hanya Desa Lubuk Mabar semata, melainkan desa lainnya pun bisa mencontohnya.
 
"Dengan peningkatan status desa inilah, berarti kerja dari Pemdes dan kompak dari masyarakat tentu saja, sangat terlihat jelas sekali," tegas Ega Warti. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: