Honda

Volume Sampah di Kota Lubuklinggau Pasca Lebaran Kembali Normal, Ini Buktinya

Volume Sampah di Kota Lubuklinggau Pasca Lebaran Kembali Normal, Ini Buktinya

Salah Satu Lokasi Tempat Pembuangan Sampah di Kota Lubuklinggau Mulai Dibersihkan Petugas.-Frans Kurniawan Palpres.com-

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM - Volume sampah di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan pada libur lebaran berangsur-angsur normal kembali setelah di H-3 sampai H-1 jelang Idul Fitri kemarin membludak hingga enam kali lipat.

"Sekarang sudah mulai stabil lagi, seperti normal," kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup Kota Lubuklinggau, Vio.

Dijelaskannya, pada H- jelang Idul Fitri kemarin volume sampah membludak. Dalam perharinya menurut Vio sekitar empat kali lipat. 

Bahkan mendekati hari raya di H-1 volume sampah dalam perhari enam kali lipat.

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Emak-emak Pemilik NIK Tipe Ini, Ada 3 BLT Bakal Cair Awal Mei 2023

"Kalau kami itu pengangkutan satu mobil itu ada yang tiga sampai empat kali pengangkutan. Nah kalau biasanya normal hanya sekali," ujarnya.

Selain itu jelang Idul Fitri kemarin pihaknya juga melakukan pengangkutan sampah di pasar dengan menerjunkan satu unit mobil dengan enam kali angkut. Termasuk sambungnya pada H-1 kemarin pihaknya membackup juga di Pasar Inpres.

"Jadi saat peningkatan volume itu, bisa mengangkut 3 sampai 4 ton volume sampah dalam satu kali angkut," bebernya.

Lebih lanjut, di hari normal volume sampah di Kota Lubuklinggau hanya 35 ton perhari.

BACA JUGA:WOW! Punya Koin Kuno Jenis Ini Bisa Bawa Pulang Motor Baru, Jualnya ke Sini  

"H+ ini belum normal sekali. Tapi di jalur Megang ini kita masih terhambat karena H-1 kemarin dipaksakan mobil, sehingga sekitar dua unit mobil ngedrop, di bengkel sekarang," timpalnya. 

Menurut Vio, saat ini dua unit mobil dump truk angkut sampah saat ini belum selesai diperbaiki. Sehingga untuk angkut sampah di jalur Megang terkendala. 

"Jadi terkendala di jalur Megang, jadi belum bisa terangkut, belum teratasi hari ini. Mungkin besok kami angkut," bebernya.

Vio menambahkan, saat ini mobil angkut sampah yang operasi 12 unit. Sedangkan dua lagi rusak dan tengah dilakukan perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: