Honda

BPBD Terus Ingatkan Warga Pesisir Sungai Waspada Banjir Dadakan

BPBD Terus Ingatkan Warga Pesisir Sungai Waspada Banjir Dadakan

Kepala BPBD OKU Timur terus mengimbau masyarakat pesisir sungai untuk waspada banjir dadakan-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya cuaca ekstrem berpotensi akan terjadinya curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang meliputi beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten OKU Timur.

Atas informasi dari BMKG tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur, MGS Habibullah mengimbau warga untuk tetap waspada, karena dapat menyebabkan hujan lebat dan dapat mengakibatkan banjir, oleh sebab itu ia mengimbau agar selalu waspada dan hati-hati, terutama bagi masyarakat yang berada di daerah aliran Sungai Komering.

“Karena saat musim penghujan tiba, biasanya sungai hingga drainase akan meluap.

Ini cukup berbahyaa terutama untuk warga atau anak-anak yang tinggal di daerah yang tak jauh dengan sungai," ungkapnya, Selasa 2 Mei 2023.

BACA JUGA:Pandan Cheese Cake Gula Melaka, Rasa Pandan dan Kejunya Nendang Banget

Ia juga mengimbau bagi orang tua yang memiliki anak-anak untuk bisa selalu mengawasi dan memantau aktivitasnya, sehingga tak sembarangan main ke sungai atau kali dengan intensitas air yang tinggi.

“Kita sudah bisa lihat berita-berita sebelumnya, ada anak yang terjebak di parit ketika main saat hujan, atau terbawa arus sungai.

Hal seperti itu bisa dijadikan pelajaran agar tak terulang lagi," ujarnya.

Tak hanya itu saja, ia juga menegaskan, bagi pengendara baik roda dua dan empat untuk lebih berhati-hati mengendarai kendaraan ketika sedang dalam keadaan cuaca ekstrem yang berakibat banjir.

BACA JUGA:Hardiknas Semakin Dekat Dengan Cita-Cita Luhur Ki Hadjar Dewantara

Ia mengimbau masyarakat untuk secara aktif dapat melihat kondisi cuaca terkini melalui media sosial atau media massa BMKG secara berkala ketika ingin aktivitas diluar rumah.

“Hal ini bisa dijadikan alternatif ketika ingin keluar dan bisa mengetahui cuaca pada jam-jam tertentu, sehingga bisa lebih waspada dan menyiapkan diri,” jelasnya.

Dikatakannya, berdasarkan pemetaan, di Kabupaten OKU Timur terdapat enam kecamatan rawan bencana banjir meliputi Kecamatan Martapura, BP Bangsa Raja, Madang Suku I, Madang Suku II, Semendawai Barat dan Cempaka.

Enam kecamatan ini dipetakan rawan terjadi banjir karena berada di bantaran Sungai Komering yang sering kali meluap jika intensitas curah hujan tinggi terjadi dalam waktu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: