Honda

Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata NTT, Wings Air Batalkan Penerbangan di Kupang

Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata NTT, Wings Air Batalkan Penerbangan di Kupang

Pembatalan Penerbangan Wings Air rute Kupang - Lewoleba - Kupang lantaran erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT. --wings air

Ketiga sambung Danang yakni partikel abu vulkanik bisa menghambat visibilitas dan mempengaruhi penglihatan (jarak pandang) pilot karena cahaya yang difraksi dan dihamburkan oleh abu vulkanik, serta mempengaruhi navigasi dan komunikasi pesawat dengan menimbulkan interferensi pada sinyal radio.

Terakhir, radar pesawat tidak dapat mendeteksi partikel abu vulkanik, sehingga pesawat harus menghindari area abu vulkanik terlihat atau diperkirakan berada.

Penerbangan dapat membahayakan jika terjadi erupsi gunung berapi atau abu vulkanik di wilayah yang dilewati oleh pesawat. 

Oleh karena itu, bandara tujuan dan jalur penerbangan menuju bandara tujuan dipastikan bersih dari dampak erupsi (debu vulkanik).

“Dalam menunjang keselamatan dan keamanan penerbangan, otoritas penerbangan dan maskapai penerbangan selalu memperhatikan kondisi lingkungan sebelum memutuskan untuk melakukan penerbangan dan melakukan tindakan pencegahan seperti membatalkan penerbangan atau mengubah jalur penerbangan agar penumpang dan kru pesawat tetap aman dan terhindar dari bahaya,” pungkas Danang. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wings air