Honda

Cegah Stunting, Ini Cara Pemdes Jagabaya untuk Mengatasinya

Cegah Stunting, Ini Cara Pemdes Jagabaya untuk Mengatasinya

Kades Jagabaya, Bambang Heriadi ST didampingi bidan dan kader posyandu-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Stunting dewasa ini sangat ditakuti, oleh para ibu-ibu pada saat hamil maupun ketika persalinan.

Hal ini, masuk akal dikarenakan apakah selama mengandung asupan makanan bergizi telah memenuhi kebutuhan.

Nah, Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat bertekad untuk memerangi angka stunting hingga zero, dengan secara rutin dan kontiyu memeriksakan kondisi kesehatan dari balita.

"Betul, kita bekerjasama dengan kader posyandu dan bidan desa serta puskesmas, untuk terus mengecek kondisi fisik dari balita tersebut, termasuk juga asupan makanan bergizi dan penimbangan berat badan," sebut Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST, Rabu 10 Mei 2023.

BACA JUGA:Dua Wanita Muda Ini Terlibat Komplotan Penipuan Pinjaman UMKM

Selain itu, sambung Bambang Heriadi, makanan tambahan maupun susu formula baik bagi ibu hamil, menyusui dan balita itu sendiri terus diperhatikan.

"Tentunya ini bukan hanya pekerjaan rumah (PR) dari Pemdes semata, melainkan semuanya sehingga target zero penderita stunting tercapai," paparnya.

Disamping itu, lanjut dirinya, perhatian khususnya ketika masa remaja pun tetap menjadi target, agar tidak hanya dicegah dari hulu saja, melainkan hilirnya pun ikut dilakukan.

"Alhamdulillah, ibu-ibu disini begitu antusias sekali ketika adanya pemeriksaan kesehatan bagi balita, yang mana, mendapatkan juga bubur, susu formula dan buah-buahan," urai Bambang Heriadi.

BACA JUGA:Keren, Atmosfer Kekeluargaan dan Kebersamaan Masih Terasa Kental di Desa Keban Agung

Bambang Heriadi berharap, kedepannya generasi penerus di Desa Jagabaya terus berkembang, dan mampu bersaing dengan desa lainnya.

"Sehingga kelaknya akan lahir pemimpin yang cerdas, pintar, kreatif dan inovatif guna membangun Jagabaya semakin baik dan terdepan," tegasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: