Honda

Pemdes Jagabaya Lakukan Verifikasi Warga, Ini Tujuannya

Pemdes Jagabaya Lakukan Verifikasi Warga, Ini Tujuannya

Jajaran Pemerintah Desa Jagabaya yang akan melakukan verifikasi penduduk-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) LAHAT terus secara optimal untuk menurunkan angka penduduk miskin, dengan melakukan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), guna mendata valid atas verifikasi di seluruh desa. 

Sehingga kedepannya akan diketahui persentase penduduk yang masuk kedalam kategori sangat miskin, miskin, rentan miskin dan tidak miskin.

Ini sebagai indikator dari kinerja yang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes).

Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Bambang Heriadi ST mengemukakan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya verifikasi pendataan penduduk.

BACA JUGA:ASYIK! Bansos BPNT Tahap 3 2023 Sudah Cair, Ini Cara Cek dan Syarat Penerima

"Kita tentunya berpatokan dari data awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) pada November 2022 silam, yang kemudian diverifikasi pada forum konsultasi publik (FKP)," sebutnya, Rabu 10 Mei 2023.

Untuk Jagabaya sendiri, lanjut dia, ada 196 kepala keluarga (KK) yang nantinya akan didata, sehingga dapat diketahui mereka masuk dalam kategori mana.

"Makanya, kades sebagai fasilitator bersama asisten fasilitator 1 dan 2 serta administrator dari BPS mengundang babinsa, babinkantibmas, toga, tomas kadus 1 dan 2 serta Ketua BPD," ungkap Bambang Heriadi.

Bambang Heriadi menambahkan, verifikasi tersebut harus valid dan benar-benar terdapat pengelompokan kriteria kemiskinan, yaitu sangat miskin, miskin, rentan miskin, serta tidak miskin.

BACA JUGA:Bupati Lahat Raih Adhi Bhakti Tani Nelayan, Ini Jasa Cik Ujang Terhadap Petani

"Endingnya diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan baik di Jagabaya sendiri, dan Kabupaten Lahat pada umumnya," tegasnya.

Terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jagabaya, Leni Marlina menuturkan, tentu saja ini adalah tugas mulai yang mesti dikerjakan dengan seksama dan hati-hati.

"Agar hasil berdasarkan data awal tidak meleset, sehingga penduduk disini tidak ada yang masuk kategori sangat miskin, miskin dan rentan miskin," paparnya.

Ia berharap kedepannya masyarakat Desa Jagabaya dari segi pendapatan masuk dalam kehidupan sedang, bahkan mampu meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: